sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 14 Jun 2019 19:06 WIB

Siapa Sih Vanuatu? Lawan Timnas Indonesia di Laga Uji Coba Besok

Mercy Raya - detikSport
Dokumentasi Timnas Vanuatu pada 2007. (Foto: Marty Melville/Getty Images) Dokumentasi Timnas Vanuatu pada 2007. (Foto: Marty Melville/Getty Images)
Jakarta - Timnas Indonesia akan menjajal kekuatan Vanuatu dalam ajang uji coba. Skuat Garuda mengaku sama sekali belum mengenal calon lawannya itu.

Duel antara Indonesia vs Vanuatu akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/6/2019) malam WIB. Uji coba ini merupakan rangkaian persiapan Indonesia menuju kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dalam masa persiapan pertandingan ini, Indonesia sangat buta dengan kekuatan Vanuatu. Pelatih Simon McMenemy bahkan sudah mencarinya info lewat internet, namun sulit ditemukan.

Vanuatu punya peringkat yang tak jauh dari Indonesia di klasemen FIFA. Berdasarkan peringkat terbaru, yakni 14 Juni 2019, Vanuatu berada di peringkat ke-163, sementara Indonesia ada di posisi 160.


"Hari ini saya juga sudah diskusi dengan pemain, dan itu sangat penting. Besok kami akan datang dengan motivasi lebih karena pertandingan melawan Vanuatu sangat spesial karena tidak banyak mengetahui tentang Vanuatu," kata Simon dalam konferensi pers di SUGBK, Jumat (14/6/2019) sore WIB.

"Kami coba cari di internet tidak ada, jadi pertandingan besok akan membuat para pemain mencari jawaban ketika ada kesulitan. Saya berharap banyak pada pertandingan besok," tegasnya.

Vanuatu merupakan negara kepulauan di Samudra Pasifik, berada di timur Australia Utara, timur laut Kaledonia Baru, timur Nugini, tenggara dari Kepulauan Solomon, dan sisi barat dari Fiji.

Letak itu membuat Republik Vanuatu tergabung dalam konfederasi sepakbola Oseania. Mereka belum pernah berlaga di Piala Dunia, prestasi terbaiknya cuma menjuarai Piala Melanesia pada 1990 dan Wantok Cup pada 2011.

Vanuatu pertama kali mengikuti kompetisi resmi FIFA pada 2017. Dua tahun silam, negara dengan penduduk 250 ribu jiwa itu mengikuti Piala Dunia U-20 di Korea Selatan, namun langsung kandas di fase grup.

Vanuatu juga punya liga sepakbola yang bernama Port Vila Football League. Digelar sejak 1994, kompetisi itu level tertinggi di sepakbola mereka, di atas Divisi 2 Port Vila dan Divisi 1 Port Vila.

(mcy/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com