sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Jun 2019 14:36 WIB

Tira Persikabo Mencari Suporter

Amalia Dwi Septi - detikSport
Sebagai tim yang baru terlahir kembali, Tira Persikabo masih mencari dukungan suporter (Grandyos Zafna) Sebagai tim yang baru terlahir kembali, Tira Persikabo masih mencari dukungan suporter (Grandyos Zafna)
Jakarta - Tira Persikabo menjadi tim 'baru tapi lama' di Liga 1 2019. Di tengah hegemoni Persib Bandung di Jawa Barat, Tira Persikabo masih mencari suporter.

Tira Persikabo merupakan hasil akuisis PS Tira dengan Persikabo Bogor, di mana kesepakatan kedua klub terjadi di Februari lalu. Bermarkas di Stadion Pakansari, mereka menjadi tim kedua dari Jawa Barat selain Persib Bandung.

Menjadi tim baru dan berganti lokasi kandang, salah satu masalah yang dihadapi Tira Persikabo adalah soal suporter. Dukungan yang mereka dapat belum besar. Apalagi Jawa Barat sudah identik dengan pendukung Persib, yang sangat sulit ditandingi.

"Saya kira di era profesional seperti sekarang, kami tidak bisa menahan sebuah klub untuk bermain di manapun, apakah itu di Jawa timur yang banyak sekali tim di sana, dan Jawa Barat memang identik dengan Persib Bandung. Kami juga tidak yakin bahwa fan Persib bisa tergerus dengan kami, karena mereka memiliki basis suporter yang sangat fantastis dan sudah mendarah daging dan saya tahu persis suporter Persib itu suporter yang sangat luar biasa fanatiknya," ujar pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.



"Sementara Tira Persikabo ini kan baru dalam masa transisi dari dua klub menjadi satu sehingga kami masih mencari, sama-sama ingin tahu keinginan masing-masing, kami ingin memberikan permainan yang ingin dinikmati oleh suporter di satu sisi penonton juga ingin mendapatkan rasa nyaman karena ingin menonton tim ini. Kami juga harus membuktikan hal itu dan ini tidak mudah," lanjut dia.

Menurut RD, salah satu cara menarik suporter menyebut adalah dengan menampilkan permainan menghibur dan meraih prestasi prestasi. Eks pelatih Sriwijaya FC itu yakin Tira Persikabo bakal memiliki basis suporter yang tak kalah banyak.

"Saya punya pengalaman ketika di Sriwijaya, ketika awal tim ini ada suporter tidak ada yang hadir walaupun dikasih kaus dan tiket gratis, tapi perlahan ketika prestasi tim membaik suporter datang dan penuh," katanya.

"Ya pasti, kami ini kan main di Bogor ini kami membawa masyarakat Bogor berkompetisi di liga ini. Walaupun sementara kami masih belum maksimal dalam menggunakan putra-putra daerah, sekarang saja hanya empat pemain dari enam pemain yang kami proyeksikan untuk bisa bermain di tim. Tapi saya berharap nantinya bakal berkembang dan terus bertambah dan sepakbola Jawa Barat bisa lebih hidup."

Dukungan suporter kepada Tira Persikabo sudah mulai terlihat. Kabomania yang sebelumnya merupakan pendukung Persikabo beralih mendukung Tira Persikabo.

"Kemarin lawan PSM, Ultras dan Kabomania sudah datang, artinya dua kelompok besar suporter sudah hadir dan menjadi hal yang bagus untuk kami dan semoga ini bisa terus membaik. Sekali lagi Tira datang ke Bogor untuk mengajak sepakbola Bogor ingin menghadirkan rasa kepercayaan kami dengan masyarakan Bogor kami di terima sebagai perwakilan Bogor dan merasa bangga dengan kehadiran kami," katanya menambahkan. (ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com