sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 09:22 WIB

Laju Tira Persikabo Sip, RD: Pengalaman Kuncinya

Amalia Dwi Septi - detikSport
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan  (Rifkianto Nugroho/detikSport) Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Tira Persikabo belum terkalahkan di Liga 1 2019. Pelatih Rahmad Darmawan mengungkapkan pengalaman menjadi kunci pencapaian itu.

Tira Persikabo menjadi tim yang belum terkalahkan di enam pertandingan Liga 1 2019 dan menduduki peringkat ketiga klasemen. Terbaru, Tira Persikabo bermain imbang 1-1 dengan Bhayangkara FC. Laga itu dilangsungkan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Sebelum menangani Tira Persikabo, RD sempat melatih Mitra Kukar di pertengahan musim lalu. Dia ditunjuk untuk menggantikan Rafael Berges Marin yang mengundurkan diri.

Tapi, Mitra Kukar terpuruk dan tak mampu bersaing dengan tim-tim Liga 1 2018. Naga Mekes terdegradasi ke Liga 2.


Kegagalan menangani Mitra Kkar itu dijadikan pelajaran berharga RD. Dia juga diuntungkan memiliki waktu lebih lama mengenal Tira Persikabo.

"Saya selalu mencoba belajar dari hal apa saja yang saya lakukan. Apakah saya sukses bersama tim atau gagal bersama tim. Dan itu bagian dari dituntut setiap pelatih untuk evaluasi baik secara pribadi maupun sebagai sebuah tim," ujar RD dalam konferensi pers yang dihadiri detikSport, Kamis (4/7).

"Memang yang membedakan tim Mitra Kukar kemarin hanya masa persiapan, kami sama sekali tidak bisa memilih pemain, tidak ada kesiapan pra musim karena waktu itu saya ditugaskan langsung menangani tim ini berjalan, waktu saya ikut prolisensi," dia menambahkan.

Meski begitu, RD menegaskan belum puas dengan apa yang dicapai Tira Persikabo saat ini. Perjalanan Liga 1 masih panjang, eks pelatih Timnas Indonesia itu mengingatkan timnya tetap fokus.

"Saya juga masih adaptasi karena adaptasi butuh waktu tidak sebentar dan saya dengan Tira Persikabo mulai dari pra musim, saya evaluasi apa yang kurang dari saya dan diri pemain mencoba untuk mengolaborasi tapi itu belum sempurna," katanya.

"Saya belum yakin, belum mantap dengan apa yang sudah dicapai pemain sampai hari ini. Saya tidak ingin pemain puas, kami puas, kami ingin pemain fokus kepada sasaran yang ingin kami capai ke depan. Suatu saat tim hebat, tim jatuh, bisa naik lagi. Saya harus siap untuk situasi bagaimana suatu saat tim saya kalah dan saya berusaha kembali lagi," RD menegaskan.

(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com