sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 15 Jul 2019 13:05 WIB

Persiapan Pendek, RD Minta Tira Persikabo Main Efektif Lawan Persija

Amalia Dwi Septi - detikSport
Rahmad Darmawan meminta Tira Persikabo bermain efektif melawan Persija Jakarta. (Rifkianto Nugroho/detikSport) Rahmad Darmawan meminta Tira Persikabo bermain efektif melawan Persija Jakarta. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Tira Persikabo akan berhadapan dengan Persija Jakarta di laga lanjutan Liga 1 2019. Hanya mempunyai waktu persiapan empat hari, pelatih Rahmad Darmawan meminta timnya bermain lebih efektif.

Tira Persikabo menjamu Persija pada pekan kesembilan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019). Laskar Padjadjaran hanya memiliki waktu persiapan selama empat hari menjelang laga itu.

Stamina Abduh Lestaluhu dkk saat menjamu Madura United di Stadion Pakansari, Jumat (12/7/2019). Di laga itu, Tira Persikabo dan Madura United berakhir imbang 2-2.

Sementara itu, Persija bisa mengandalkan keunggulan stamina. Macan Kemayoran memiliki libur tujuh hari menuju laga dengan Tira Persikabo setelah melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (10/7/2019).


RD mengakui timnya hanya fokus mengembalikan kondisi fisik pemainnya karena tak punya waktu banyak. Dia tak mau terlalu memforsir fisik pemainnya.

"Kami lebih banyak program untuk mengembalikan kebugaran pemain pasca-pertandingan kemarin, tapi sekali lagi itu hal yang harus kami lawan. Kami tidak bisa menyerah dengan kondisi ini, karena semua tim akan mengalami hal yang sama. Tapi menurut saya, tiga hari ideal untuk recovery, kami bisa me-manage dengan benar," ujar RD sehari jelang pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (15/7/2019).

"Hari ini latihan pagi, kami turunkan intensitas mereka, lebih ke aktivasi, dan mengecek kebugaran dan kesehatan mereka. Secara keseluruhan pemain siap untuk pertandingan besok dan saya berharap keberuntungan ada di pihak kami," katanya.

Menghadapi jadwal padat, RD meminta timnya bermain efektif agar tidak menguras tenaga berlebihan. Itu berdasarkan evaluasinya di laga terakhir melawan Madura United.

"Yang pasti, strong team lawan jadi acuan kami, menentukan komposisi tim dan taktik kami. Tapi secara keseluruhan, evaluasi yang kami buat ada penurunan kualitas kebugaran pemain di menit-menit akhir, terutama di 15 menit menjelang selesai pertandingan. Bukan karena fisik pemain, tapi efisiensi bermain. Itu yang menjadi satu catatan," kata RD

"Saya ingin pemain lebih efisien mulai dari babak pertama. Kalau tidak perlu dribbling, passing, bergerak, itu yang kadang sering menghamburkan energi tidak pada tempatnya, itu yang jadi evaluasi kami," dia menambahkan.

Sebelum menghadapi Madura United, Tira Persikabo telah menjalani tiga laga tandang melawan Seman Padang, Arema FC dan Bhayangkara FC. Dua laga itu masing-masing hanya berjarak empat hari.


Persiapan Pendek, RD Minta Tira Persikabo Main Efektif Lawan Persija
(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com