sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 17 Jul 2019 11:12 WIB

Jadi Kuda Hitam, Tira Persikabo Diingatkan Belum Raih Apa-apa

Amalia Dwi Septi - detikSport
Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom) Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Tira Persikabo menjadi kuda hitam di Liga 1 2019. Masih memuncaki klasemen, Laskar Padjajaran diingatkan belum meraih apa-apa.

Tira Persikabo memetik kemenangan meyakinkan atas tim juara bertahan, Persija Jakarta. Tim asuhan Rahmad Darmawan itu menang 5-3 di Stadion Pakansari, Selasa (16/7/2019).

Loris Arnaud, Osas Saha (dua gol), Rifad Marasabessy, dan Ciro Alves yang mencatatkan namanya di papan skor saat Tira Persikabo vs Persija.

Dengan tambahan tiga poin saat menaklukkan Macan Kemayoran, Tira Persikabo memuncaki klasemen Liga 1 dengan raihan 19 poin hasil sembilan kali bertanding.

RD --sapaan Rahmad-- mengingatkan agar tim asuhannya tal lekas berpuas diri. Dia mengungkapkan alasannya.




Di Liga 1 musim lalu, Tira Persikabo akrab di papan bawah klasemen. Manahati Lestusen cs finis di posisi ke-15, satu tingkat di atas zona degradasi.

"Yang paling saya takuti adalah kami lupa siapa kami. Saya ingatkan semua pemain untuk menjaga sikap karena kami sebenarnya dianggap nothing. Kami cuma mau belajar dan terus belajar. Kami ini di satu tim yang dianggap sebelah mata dan faktanya memang seperti itu," kata RD kepada perwarta di Stadion Pakansari.


Jadi Kuda Hitam, Tira Persikabo Diingatkan Belum Raih Apa-apaFoto: Rifkianto Nugroho


Setelah ditinggal penyerang tersuburnya, Aleksandar Rakic, Tira Persikabo yang saat itu masih bernama PS Tira tak panik. Mereka mendatangkan Loris Arnaud dan Osas Saha untuk menggantikan pemain yang menjadi top skorer dengan torehan 21 gol itu. Masih ditambah lagi Ciro Alves.

Hasilnya memuaskan. Loris dan Osas Saha masing-masing sudah mencetak 3 gol. Ciro Alves lebih impresif dengan 7 gol yang sudah disumbangkan.

RD 'kembali ke barak' untuk menjadi juru taktik, tangan dinginnya membuat Tira Persikabo bangkit. Hingga pertandingan kesembilan, mereka masih menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan dengan catatan lima kali menang dan empat kali imbang.




Tak cuma itu, rekor buruk atas Persija bisa dihapus. Kemenangan di Pakansari menjadi yang pertama bagi Tira Persikabo setelah 10 pertandingan tak pernah menang dari Persija.

RD menegaskan bahwa perjalanan Liga 1 2019 masih panjang. Seluruh anggota Tira Persikabo diminta tak jemawa.

"Ini baru sembilan pertandingan, masih ada delapan pertandingan pada sisa putaran pertama. Belum lagi masih ada putaran kedua, jadi ini belum apa-apa. Salah besar kalau pemain sudah merasa puas," tutur RD.

"Pemain harus tetap waspada dan menjaga sikap di dalam dan luar lapangan untuk fokus ke pertandingan selanjutnya," katanya menambahkan.




(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed