sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 17 Jul 2019 20:28 WIB

Fakhri Asah Pemain agar Tak Hanya Kuasai Satu Posisi

Amalia Dwi Septi - detikSport
Timnas Indonesia U-19 berlatih di Stadion Jenggolo, Sidoarjo. (Suparno/detikSport) Timnas Indonesia U-19 berlatih di Stadion Jenggolo, Sidoarjo. (Suparno/detikSport)
Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini, sedang menggali potensi pemainnya. Dia ingin para pemain tidak hanya bisa bermain di satu posisi.

Timnas U-19 telah menjalani persiapan menuju Piala AFF U-18 pada Agustus. Serangkaian uji coba dijadwalkan untuk Skuat Garuda Muda itu.

Tidak hanya mencari komposisi untuk tim inti, Fakhri juga kerap melakukan eksperimen terhadap pemainnya. Seperti saat melawan Persija Jakarta U-20 pada Senin (15/7/2019). Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia menang dengan skor telak 4-1, meskipun seluruh pemain mendapatkan kesempatan tampil.

"Kalian bisa lihat kami merotasi pemain dan mereka bermain tidak di posisi asli mereka. Itu adalah salah satu cara saya menemukan tempat yang paling baik untuk pemain," kata Fakhri saat dihubungi pewarta, Rabu (17/7/2019).


"Dewa (Dewangga) yang main di bek kiri, dia bermain sangat luar biasa di stoper. Saya sangat beruntung memiliki pemain seperti Fajar (Fathurrahman) dan Bagus (Kahfi) yang striker saya pasangkan di posisi winger," kata dia.

"Zaki (Zakiri) yang gelandang saya juga pasang di wing kiri. Tentu mereka harus belajar beradaptasi dengan posisi yang barunya ini," dia menambahkan.

Saat ini, sebanyak 26 pemain masih berada di dalam pemusatan latihan jelang Piala AFF U-18 2019. Namun, di Piala AFF nanti, hanya boleh mendaftarkan 23 pemain. Sebelum berangkat ke Vietnam, timnas Indonesia U-19 akan melakukan uji coba di Sidoarjo. Tiga lawan bakal dihadapi yaitu Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo, dan Persekabpas. Uji coba akan berlangsung pada 18-22 Juli 2019.

Di Piala AFF U-18, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A bersama Myanmar, Timor Leste, Filipina, Laos, dan Brunei Darussalam.


(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED