sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 13:39 WIB

14 Bulan Piala Indonesia, Berujung Final Persija Vs PSM

Lucas Aditya - detikSport
Persija Jakarta di semifinal Piala Indonesia 2018-2019. (Foto: M Risyal Hidayat/Antara) Persija Jakarta di semifinal Piala Indonesia 2018-2019. (Foto: M Risyal Hidayat/Antara)
Jakarta - Piala Indonesia sudah sampai di babak puncak. Persija Jakarta vs PSM Makassar menjadi penutup kompetisi yang bergulir sekitar 14 bulan.

Piala Indonesia digelar lagi setelah enam tahun absen. Edisi sebelumnya dihelat pada 2012, Persibo Bojonegoro yang menjadi juaranya.

Sebagai juara bertahan, Persibo menjadi tim yang bertanding di laga pembuka. Persibo vs Madura United pada 8 Mei 2018 menandai bergulirnya Piala Indonesia 2018-2019.

Persibo merupakan kontestan Liga 3, sedangkan Madura United manggung di Liga 1. Ya, ajang itu diramaikan 128 klub dari tiga divisi kompetisi antarklub di Indonesia ambil bagian dalam ajang kali ini.




Mulus? Tidak. Beberapa kali penundaan jadwal juga mewarnai ajang Piala Indonesia, bahkan sejak kickoff. Rencana awalnya Piala Indonesia mulai 7 April 2018, tapi dengan penundaan start Liga 1 musim lalu Piala Indonesia juga ikut molor. Ajang itu baru start sebulan kemudian.

Penundaan lainnya terjadi karena bergulirnya Piala Presiden 2019. Saat itu, Piala Indonesia sudah menjejak babak 32 besar.

Hambatan lain yang sempat muncul di babak 32 besar saat Persinga Ngawi berhadapan dengan Persebaya Surabaya. Laga tak dapat digelar karena masalah izin keamanan.

Berlangsungnya pemilihan umum pada bulan April lalu juga berdampak pada Piala Indonesia. Pertandingan Persebaya dengan Madura United di babak perempatfinal juga tak mendapat izin dari pihak keamanan, hingga berdampak ke babak semifinal.

Persebaya vs Madura United digelar pada pertengahan Juni, sebulan setelah perempatfinal lainnya.




Setelah melalui perjalanan panjang sekitar 14 bulan, Piala Indonesia 2018-2019 akan mementaskan babak final. Persija vs PSM yang dimainkan.

Persija akan menjadi tuan rumah lebih dulu di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (21/7) pukul 15.30 WIB akhir pekan ini. Sepekan kemudian, Juku Eja yang akan menjadi tuan rumah di Stadion Andi Mattalata.

Tahun ini, Piala Indonesia akan melahirkan juara baru. Persija pernah gagal di final 2005 saat dikalahkan Arema Malang. Sementara itu, PSM baru pertama kali lolos ke babak puncak dalam enam edisi yang sudah digelar.

Tim Ayam Jantan dari Timur mempunyai misi untuk buka puasa gelar selama 19 tahun. Terakhir kali menjadi juara, PSM memenangi Divisi Utama Liga Indonesia 1999/2000.




(cas/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED