sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 22 Jul 2019 14:23 WIB

Iwan Bule Mulai Pantau Kinerja Wasit

Amalia Dwi Septi - detikSport
Caketum PSSi M Iriawan menonton laga final Piala Indonesia (Amalia Dwi Septi/detikSport) Caketum PSSi M Iriawan menonton laga final Piala Indonesia (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Calon Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochamad Iriawan, menyaksikan final Piala Indonesia, Persija Jakarta melawan PSM Makassar. Dia terkesan dengan kinerja wasit.

Laga leg pertama Persija dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/7/2019). Ryuji Utomo menjadi pahlawan bagi Macan Kemayoran.

Iwan menilai pertandingan tersebut tak lepas dari kepemimpinan wasit Dwi Purba. Dia bahkan telah mencatat nama wasit tersebut.

"Pertandingan tadi cukup bagus dan berjalan fair play. Wasit tadi namanya sudah kami catat sebagai catatan kami bila kami terpilih dia menjadi wasit yang baik," kata Iwan saat ditemui usai laga.






Kinerja wasit disebut menjadi salah satu fokus utamanya jika terpilih menjadi Ketum PSSI. Wasit akan semakin bagus, apabila juga digembleng dengan kepelatihan.

"Memang mempersiapkan wasit ini menjadi visi misi kami. Dimana kmi mau mempersiapkan wasit yang lebih profesional dan membuat pertandingan sepak bola lebih dicintai," sambungnya.

Iwan Bule juga terkesan dengan kehadiran suporter di SUGBK. Suporter Persija bisa berbaur bersama ribuan fans PSM yang berada di tribun sisi barat daya stadion.

"Ini contoh pertandingan yang bagus. Saya berharap, mungkin dari sini dimulai dan menelurkan ke semua pertandingan di Indonesia. Jumlah penonton sampai 73 ribu sekian. Menarik sekali pertandingan sepak bola Indonesia."






"Kalau begini dijalankan, pertandingan aman dan fair play. Suporter tertib dibanding dulu-dulu. Mudah-mudahan awal baik untuk persepakbolaan Indonesia."

Iwan menambahkan dia berencana akan membentuk sebuah departemen untuk membuat suporter klub Indonesia. Dia ingin melihat seluruh suporter damai dan bersatu.

"Ini jadi salah satu mimpi saya. Saya sampaikan, akan membuat dalam kepengurusan salah satu direktorat pembinaan fans dan suporter. Kemudian saya juga akan meminta pihak terkait lain mengadopsi yang sama dengan kami mulai dari bawah dululah kira-kira," demikian dia.






Tonton video Wasit Ini Buka-bukaan 'Praktik Kotor' Liga 2 ke Satgas Antimafia Bola:

[Gambas:Video 20detik]


Iwan Bule Mulai Pantau Kinerja Wasit
(ads/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED