Menpora Imam: Ada Jaminan Keamanan, Kenapa PSSI Tunda Final PSM Vs Persija?

Suparno - Sepakbola
Selasa, 30 Jul 2019 13:10 WIB
Menpora Imam Nahrawi (kiri) (Suparno/detikSport)
Sidoarjo - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyayangkan keputusan PSSI yang menunda leg kedua final Piala Indonesia antara PSM Makassar dan Persija Jakarta. Gesekan suporter bukan hal baru bagi PSSI.

Perebutan trofi Piala Indonesia antara PSM dan Persija seharusnya dilangsungkan di Stadion Andi Mattalatta pada Minggu (28/7/2019). Tapi, kurang dari dua jam kickoff dengan suporter dan pemain PSM sudah berada di stadion, PSSI membatalkannya.

Dalam prosesnya, PSSI memutuskan untuk menggelar leg kedua final antara PSM dan Persija itu pada 6 Agustus. Saat ini, Persija di atas angin dengan kemenangan 1-0 atas PSM pada leg pertama.


Penundaan final itu mengejutkan Imam. Sebab, menurut Menpora, seharusnya PSSI mempertimbangkan jaminan keamanan yang telah dikeluarkan oleh aparat kepolisian setempat. Apalagi, bukan sekali ini PSSI menggelar pertandingan dua klub dengan suporter masif.

Imam meminta agar PSSI secepatnya melakukan evaluasi besar-besaran usai penundaan pertandingan leg kedua antara PSM dan Persija itu.

"Laga lanjutan leg kedua anatara PSM Makasar lawan Persija Jakarta. Seharusnya tak perlu ditunda, sebab sudah ada antisipasi keamanan dari pihak Kepolisian," kata Imam di pendopo Wibawa Delta Sidoarjo, Selasa (30/7/2019).

"Gesekan pada saat pertandingan final di olahraga sepakbola itu lumrah. Yang penting gesekan itu bisa diatasi oleh pihak keamanan, apalagi pihak keamanan sudah ada jaminan," kata Imam.


Penundaan laga PSM dengan Persija itu tak hanya berakibat molornya finis Piala Indonesia yang sudah bergulir 14 bulan, namun juga membuat jadwal Liga 1 2019 berubah.


Menpora Imam: Ada Jaminan Keamanan, Kenapa PSSI Tunda Final PSM Vs Persija?


Simak Video "Hadapi Persib Bandung, PSM Makassar Bawa 23 Pasukan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)