sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 21 Agu 2019 22:05 WIB

PSSI Akan Cerita soal VAR di JCC, Lo

Amalia Dwi Septi - detikSport
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - PSSI terlibat dalam pameran olahraga Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2019. PSSI dijadwalkan menjelaskan mengenai teknologi VAR (Video Assistant Referee).

ISEF 2019 dengan tema Driving The Sports Business in Digital Era digelar di Jakarta Convention Center pada 21-25 Agustus 2019. Selain memperkenalkan produk-produk olahraga, beberapa seminar juga dilakukan seperti Broadcasting & Media Journalism in Modern Football", "Football Integrity & VAR Technology", "Digital Marketing & Fans Engagement" dan topik-topik e-sport yang sangat milenial.

Pembukaan ISEF 2019 dihadiri oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, Anggota Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa bersama Ketua Penyelenggara Pameran ISEF 2019, Jeffrey Eugene dan lainnya.


"Ya, kalau saya sih melihat ISEF ini perlu ya, jangan setahun sekali kalau bisa karena di dunia industri digital ini semua bisa berkembang dalam waktu cepat. Contohnya kaya E-sport. Esport itu nanti kan ada kejuaraannya kami buat nih, PSSI buat, itu juga harus digalakkan juga. Lalu nanti kami akan bicara mengenai VAR, itu teknologi juga," ujar Gusti di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

PSSI memang berencana menggunakan VAR di kompetisi Indonesia. Rencananya, PSSI akan melakukan uji coba di kompetisi U-20 pada tahun depan.

"Nah, memang teknologi dengan olahraga sekarang menjadi berjalan bisa berbarengan. Artinya apa, artinya di luar kami mengejar prestasi tetapi kami juga jangan ketinggalan dengan teknologi. Nanti dengan adanya teknologi yang dipamerkan ini, yuk dilihat," kata dia.

"Nah, ujungnya adalah bahwa mengurus olahraga, entah dia mau jadi pengurus, pemain, official, tidak bisa lagi secara konfensional. Jadi ISEF itu tidak boleh berhenti, kalau ada teman-teman yang mau buat kayak begini oke, tinggal sekarang invite cabor-cabor yang ada, invite saja semuanya," dia menjelaskan.

Sementara itu, Ketua Pameran ISEF 2019, Jeffrey Eugene, menjelaskan mengapa ISEF 2019 kali ini digelar di JCC, setelah tiga kali beruntun diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Tangerang Selatan.

"Tiga kali kita menggelar di ICE BSD. Yang terakhir dibuka oleh Pak Menteri (Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi). Dia meminta selanjutnya dilaksanakan di area GBK, untuk menunjang suasana olahraganya," Jeffrey menjelaskan.



Simak Video "Piala AFF Dipastikan Mundur Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com