sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 20:47 WIB

Canggih, Nantinya Atap Stadion Baru Jakarta Bisa Buka Tutup

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Foto: Dok. Jakpro
Jakarta - Jakarta International Stadium (JIS) direncanakan rampung pada Oktober 2021. Berikut spesifikasi rancangan yang akan dibangun.

JIS berdiri di wilayah Kampung Bayam, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bangunan stadion akan berdiri di atas tanah seluas 14 ha, serta dibangun dengan ketinggian 70 m.

Stadion ini rencananya akan memiliki kapasitas sebesar 82000 penonton. Jumlah tersebut menjadikan stadion JIS sebagai arena olahraga terbesar di Indonesia, mengalahkan stadion Gelora Bung Karno (GBK).


Fasilitas yang tersedia di stadion rencananya meliputi trek lari di pinggir lapangan, serta penggunaan rumput campuran sintetis dan rumput asli. Selain itu pencahayaan stadion akan dibuat sesuai standar FIFA, yakni mencapai kisaran 1200-1500 luks.

Bagian atap stadion akan menjadi bagian yang paling unik dari stadion JIS. Nariman Prasetyo, direktur utama PT Wika Gedung, yang merupakan anggota konsorsium yang terlibat dalam pembangunan stadion JIS, mengatakan desain atap stadion akan menyerupai kurva yang mirip dengan atap stadion Tottenham Hotspur Stadium. Selain itu atap juga dapat dibuka dan ditutup secara otomatis.

"Ini merupakan teknologi yang sangat baru di Indonesia. Atap ini bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan, baik even olahraga atau pun hiburan," ujar Nariman saat sesi jumapa pers terkait pembangunan JIS di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

JIS juga direncanakan akan ramah bagi para penyandang disabilitas. Hal ini juga merupakan salah satu syarat dari FIFA untuk ukuran stadion standar internasional.

"Tentu, pembangunan stadion ini akan ramah bagi disabilitas. Aturan dari FIFA memang sudah mengatur ketentuan itu, jadi kita ikuti," kata Nariman.

Bila sesuai rencana, stadion ini akan dikebut pengerjaannya dalam tempo 26 bulan. Dengan demikian, pembangunan stadion ditargetkan akan selesai pada Oktober 2021.



Simak Video "Warga di Taman BMW Ikhlas Rumahnya Dibongkar"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com