sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Sep 2019 17:45 WIB

Banjiri Akun Medsos FIFA, Suporter Malaysia Bujuk Rusuh di GBK Diusut

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Foto: Agung Pambudhy/detikSport Foto: Agung Pambudhy/detikSport
Jakarta - Suporter Malaysia membanjiri akun media sosial FIFA. Mereka protes atas kekerasan yang dilakukan oleh fans timnas Indonesia dan meminta agar dihukum.

Sekitar 500-an pendukung timnas Malaysia mendukung langsung Macan Malaya yang menghadapi Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Tapi, mereka justru disambut dengan sikap tak sportif suporter tuan rumah.

Oknum suporter menyerang fans timnas Malaysia sebelum dan di tengah duel berlangsung. Mereka juga harus tertahan di dalam stadion usai pertandingan yang dimenangkan oleh Malaysia 3-2 itu berakhir.


Perlakuan-perlakuan kurang mengenakkan yang dialami fans Malaysia tersebut mengundang reaksi di dunia maya. Pendukung Harimau Malaya pun menyampaikan protes kepada FIFA, mereka juga meminta agar FIFA mendiskualifikasi Indonesia dari perhelatan Piala Dunia.

Pendukung Malaysia memenuhi laman komentar akun resmi media sosial FIFA World Cup. Banyak dari mereka menyematkan tagar #BanIndonesia dan #BannedIndonesia sebagai bentuk kekecewaan terhadap perlakuan fans timnas Indonesia.

"Kepada FIFA dan AFC, tolong ambil tindakan tegas dan diskualifikasikan Indonesia dari segala kompetisi. Suporter Indonesia mengancam fans Malaysia dengan batu dan ini merupakan perbuatan yang tidak bisa diterima," komentar salah satu fans Malaysia di akun Instagram FIFA World Cup.

"Kami menuntut @FIFAcom untuk mengusut aksi gangsterisme yang terjadi saat Indonesia vs Malaysia tadi malam. Saudara-saudara Malaysia kami diserang dengan lemparan batu dan botol. Sepakbola harusnya menyatukan manusia, bukan membuat kita membenci satu sama lain #SayNoToViolence," salah satu akun fans Harimau Malaysia mencuit di akun Twitter AFC yang dikutip ulang oleh FIFA.

Beberapa juga mengutip kembali cuplikan video aksi kekerasan yang dilakukan oleh oknum supporter Indonesia. Mulai dari keluar dari tribun, hingga lemparan botol ke arah pendukung Malaysia.

Di akhir laga, timnas Malaysia mengalahkan Indonesia 2-3, setelah sempat tertinggal 1-2.


Banjiri Akun Medsos FIFA, Suporter Malaysia Bujuk Rusuh di GBK Diusut


Simak Video "Koreografi Ciamik dan Yel-yel Suporter Indonesia Bergelora di GBK"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com