sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 13:36 WIB

Kedubes Thailand ke Pemerintah Indonesia: Lindungi Timnas dan Suporter Kami

Randy Prasatya - detikSport
Thailand menghadapi Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Foto: Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images) Thailand menghadapi Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (Foto: Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images)
Jakarta - Duta Besar Thailand untuk Indonesia, Songphol Sukchan, mendorong pemerintah Indonesia untuk melindungi suporter dan tim nasional Thailand.

Thailand bertandang ke markas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (10/9/2019) malam WIB. The War Elephants terlebih dahulu makan malam di kediaman dubes Thailand di Jakarta, Minggu (8/9/2019) malam WIB.

Pada kesempatan itu, Sukchan menyatakan bahwa pihak kedubes Thailand akan berusaha keras berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia untuk keamanan. Dia tak mau kejadian yang dialami Malaysia terulang.


"Saya sangat senang. Punya kesempatan untuk menyambut tim nasional Thailand, yang merupakan pertama kalinya Kedutaan Besar di Jakarta secara pribadi mendorong tim Thailand dan berharap untuk menang lawan Indonesia pada 10 September," kata Sukchan seperti dikutip dari situs resmi Federasi Sepakbola Thailand.

"Kami memiliki dua hal untuk bantuan. Pertama, kami bersurat kepada Menteri Olahraga Indonesia, memintanya untuk menjaga keselamatan atlet Thailand dan suporter Thailand. Jangan biarkan apa pun terjadi, seperti yang dialami Malaysia," sambungnya.

"Kedua cuma rencana cadangan. Kedutaan akan menyiapkan bus andai terjadi situasi tidak membaik. Kami bakal mengumpulkan suporter Thailand, naik bus dari stadion. Rencana lain yang akan kami lakukan, meminta kerjasama dari Indonesia untuk memberikan keamanan atlet dan suporter."

Kedubes Thailand ke Pemerintah Indonesia: Lindungi Timnas dan Suporter KamiFoto: Lucas Aditya/detikSport


Sukchan juga memberi peringatan untuk Indonesia jika kericuhan kembali terjadi. Indonesia bisa kehilangan kepercayaan lagi menggelar turnamen internasional.

"Saya pikir Indonesia mungkin telah belajar dari pertandingan lawan Malaysia, yang harus diperbaiki oleh Federasi Sepakbola Indonesia. Langkah-langkah keamanan harus sesuai dengan regulasi FIFA, kalau tidak, kemungkinan akan dihukum atau mempengaruhi pengajuan menjadi tuan rumah di berbagai agenda sepakbola," tegasnya.






Simak Video "Jelang Laga Indonesia Vs Thailand, GBK Masih Sepi Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com