sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 12 Sep 2019 11:51 WIB

Kenang BJ Habibie, Aji Santoso Ingat Tiga Pesan Ini

Amalia Dwi Septi - detikSport
Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, tutup usia. (Foto: Pradita Utama/Detikcom) Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, tutup usia. (Foto: Pradita Utama/Detikcom)
Jakarta - Pelatih PSIM Yogyakarta, Aji Santoso, turut kehilangan atas meninggalnya Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. Dia mengenang tiga pesan dari almarhum.

BJ Habibie tutup usia pada umur 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto pukul 18.05 WIB. Rencananya ia akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, pada siang ini, Kamis (12/9/2019).

Aji sempat memiliki pengalaman ketika masih menjadi pemain Timnas Indonesia. Ketika itu, BJ Habibie melepas skuat Garuda berlaga ke SEA Games 1999 di Brunei Darussalam.

"Saya sendiri punya pengalaman bersama beliau, beliau yang melepas kontingen Indonesia, beliau seorang yang sangat bijak, tutur katanya dulu yang diucapkan bisa membakar semangat para atlet Indonesia," ujar Aji kepada detikSport, Kamis (12/9/2019).




Ada beberapa pesan yang hingga ini masih diingat oleh Aji. Dia menyebut BJ Habibie selalu menyampaikan pentingnya menjaga nama baik Indonesia, sebagai pemain juga wajib untuk bekerja keras mengharumkan nama Indonesia dengan memberikan prestasi.

"Kalian semua adalah pahlawan-pahlawan bangsa, prajurit di bidang olahraga yang harus memastikan panji Merah-Putih berkibar di luar sana, berjuang untuk mengumandangkan Indonesia Raya di negeri orang," katanya.

"Jaga marwah bangsa Indonesia, jaga lambang Garuda di dada. Bangsa Indonesia kehilangan putra terbaik bangsa, semoga khusnul khotimah," kata Aji menambahkan.

Pada SEA Games 1999, Timnas Indonesia hanya menduduki peringkat ketiga setelah di babak semifinal kalahkan Vietnam 0-1. Pada laga perebutan tempat ketiga, Indonesia menang adu penalti atas Singapura dengan skor 4-2.









Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com