sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 19 Sep 2019 20:46 WIB

PSM Vs Tira Persikabo: Juku Eja Menang Dua Gol Tanpa Balas

Adhi Indra Prasetya - detikSport
PSM Makassar kalahkan Tira Persikabo 2-0 (Agung Pambudhhy/detikcom) PSM Makassar kalahkan Tira Persikabo 2-0 (Agung Pambudhhy/detikcom)
Makassar - PSM Makassar berhasil menaklukkan Tira Persikabo 2-0. Gol-gol Juku Eja dicetak Wiljan Pluim dan Ferdinand Sinaga.

Bermain di hadapan ribuan pendukungnya di Stadion Mattoangin, Kamis (19/9/2019) malam WITA, skuat asuhan Darije Kalezic langsung menekan tim tamu. Dalam 20 menit pertama, setidaknya sudah ada tiga peluang emas yang didapat PSM.

Saat laga baru berjalan dua menit, Ferdinand memiliki kesempatan untuk membawa PSM unggul. Namun sundulannya masih menerpa mistar gawang Tira Persikabo. Pada menit ke-14, giliran M Rahmat yang mendapatkan kans membuka keran gol. Namun penyelesaian akhirnya lagi-lagi membentur tiang.

Pada menit ke-18, sebuah kerja sama satu-dua antara Ferdinand dan M Rahmat nyaris saja membuahkan gol. Sayangnya sepakan M Rahmat justru melambung di atas gawang. Wiljan Pluim juga memiliki peluang saat lolos dari pengawalan pemain Tira Persikabo di menit ke-24 meski tak menemui sasaran.

Sementara itu, Tira Persikabo tampak kesulitan membongkar rapatnya pertahanan PSM. Mereka baru mendapatkan kesempatan bagus di menit ke-37 lewat tendangan jarak jauh Guntur Triaji. Kiper PSM, Rivky Mokodompit dengan sigap menangkap bola tersebut.

Intensnya PSM menggempur pertahanan Tira Persikabo akhirnya membuahkan hasil di menit ke-38. Berawal dari serangan dari sisi kiri, Pluim yang menerima umpan silang dari M Rahmat langsung melepaskan sepakan mendatar ke pojok gawang yang gagal dihalau kiper Tira Persikabo, Angga Saputra. Skor 1-0 ini bertahan hingga turun minum.




Memasuki babak kedua, kedua tim pun langsung tancap gas. Dalam 15 menit pertama, PSM memiliki dua peluang emas lewat M Rahmat di menit ke-50 dan Ferdinand di menit ke-51. Namun peluang keduanya digagalkan Angga Saputra.

TIRA-Persikabo juga tak mau kalah. Pada menit ke-58, Guntur kembali melakukan tembakan jarak jauh, namun Rivky berhasil membuat penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-66, papan skor berubah lagi karena PSM menambah keunggulan. Berawal dari umpan silang Rizky Eka dari sisi kanan, Ferdinand berhasil melepaskan tendangan voli kaki kiri yang membuat tak bisa diselamatkan Angga Saputra. Skor 2-0 ini pun bertahan hingga laga usai.

Hasil ini menempatkan PSM di posisi kedelapan klasemen Liga 1 2019 dengan raihan 27 poin dari 16 laga. Sementara kekalahan ini membuat Tira Persikabo tertahan di posisi kedua dengan 34 poin dari 19 laga, tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen Bali United.

Pada laga lainnya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tuan rumah PSS bermain imbang dengan Persipura Jayapura 1-1. Persipura unggul lebih dulu lewat M Tahir di injury time babak pertama, sebelum Rangga Perkasa mencetak gol di menit ke-81 untuk menyelamatkan PSS dari kekalahan.

Hasil ini membuat PSS bertahan di posisi kelima klasemen dengan 28 poin dari 19 laga. Sementara tim Mutiara Hitam berada di posisi ketujuh dengan 27 poin dari 17 laga.





Susunan pemain

PSM : Rivky Mokodompit; Hasim Kipuw, Abdul Rahman, Aaron Evans, Firza Andika (Taufik Hidayat 85'); Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; M Rahmat, Rizky Eka (Ezra Walian 78'), Ferdinand Sinaga.

TIRA-Persikabo : Angga Saputra, Rifad Marasabessy, Andy Setyo (Zoubairou Garba 78'), Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Louise Parfait, Guntur Triaji; Ciro Henrique, Wawan Febrianto (Roni Sugeng 80'), Loris Arnaud.





Simak Video "PSM Khawatir Laga Tandang dengan Persipura Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com