sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 12:05 WIB

6 Cara 'Darurat' Tim Dokter Atasi Masalah Fisik Timnas Indonesia

Yanu Arifin - detikSport
Tim dokter Timnas menyiapkan enam langkah untuk mereduksi kelalahan pemain. (Rifkianto Nugroho/detikSport) Tim dokter Timnas menyiapkan enam langkah untuk mereduksi kelalahan pemain. (Rifkianto Nugroho/detikSport)
FOKUS BERITA Indonesia 0-3 Vietnam
Jakarta - Tim dokter berusaha seoptimal mungkin mengatasi kendala fisik pemain Timnas Indonesia sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Ada enam langkah yang dilakukan, apa saja?

Simon McMenemy mengeluhkan fisik tak optimal pemain sehingga anak asuhya kendur di babak kedua pada laga-laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Simon bilang kondisi itu diakibatkan jadwal Liga 1 yang padat sehingga mengganggu persiapan tim.

Ya, pemusatan latihan terakhir Indonesia sebelum ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 baru digelar pada 22 Agustus 2019, hanya dua pekan sebelum kick off pertama melawan Malaysia 5 September 2019.

Dokter Timnas, Ahmad Nizar, menjelaskan tim medis Timnas sebisa mungkin membantu pemulihan fisik pemain Timnas Indonesia dalam tempo singkat. Dia bilang ada enam langkah yang disiasati di tengah mepetnya waktu persiapan dan pertandingan.


"Cara kami dari medis team mengatasi hal tersebut adalah mengatur breakfast pagi. Kami bebaskan jamnya agar para pemain bisa dapat tidur lebih banyak lagi," ujar Ahmad kepada detikSport.

"Kemudian, sehabis main kami terapi rendam es, lalu makan buah-buahan setiap latihan seperti pisang, jeruk, dan anggur. Kemudian, massage release muscle buat pemain yg betul-betul lelah," dia menambahkan.

"Kami juga menyiapkan recovery pump buat para pemain. Kemudian, tak lupa kami juga memberikan vitamin dua kali sehari setelah makan siang dan malam. Sementara, itu yang kami lakukan di Timnas," dia menjelaskan.

Untuk makanan, dokter pun mengungkapkan tidak ada menu khusus karena imbas mepetnya waktu persiapan. Ia hanya melarang makanan-makanan yang berpotensi memberi pemain masalah.

"Makanan enggak ada yang terlalu spesial karena kembali ke masalah waktu persiapan. Hanya pada saat hari pertandingan, makanan pedas, kecut, asam dan bersantan kami larang. Daging sapi, kambing juga kami batasi," ujar dia.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia sudah menelan tiga kekalahan. Laga keempat tim Merah Putih adalah menghadapi Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10), dengan kick off digelar pukul 19.30 WITA.



Simak Video "Dihajar UEA 5-0, Indonesia Jadi Juru Kunci Klasemen Tanpa Raih Poin"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/fem)
FOKUS BERITA Indonesia 0-3 Vietnam
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com