sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 24 Okt 2019 19:03 WIB

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Perbaiki 5 Lapangan Latihan

Bayu Ardi Isnanto - detikSport
Foto: IstimewaKementerian PUPR Foto: IstimewaKementerian PUPR
Solo - Stadion Manahan menjadi salah satu kandidat lokasi perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2021. Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menyiapkan lima lapangan pendamping untuk latihan pemain.

Rudy, sapaannya, menyebut lima lapangan tersebut ialah lapangan Kottabarat, Banyuanyar, Karangasem, Stadion Sriwedari dan Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS).

"Seperti Banyuanyar itu akan kita besarkan. Semua siap kita lengkapi dengan ruang ganti dan sebagainya, sesuai standar saja," kata Rudy di rumah dinas Loji Gandrung, Kamis (24/10/2019).


Untuk memperbaiki lapangan, Rudy telah mengajukan dana kepada PSSI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Sudah saya ajukan ke PSSI dan KONI untuk sharing anggaran. Pemkot juga ikut membiayai. Pokoknya kita ajukan dulu," kata dia.

Selain lapangan, Pemkot Surakarta juga siap memberikan fasilitas transportasi. Rudy mengaku memiliki bus-bus yang bisa dipakai untuk mengantar pemain latihan ataupun bertanding.

"Kita kan punya banyak bus. Tidak perlu kebingungan untuk masalah transportasi," ujar Rudy.

Masalah penginapan pun, Rudy menilai Solo sangat siap. Banyak hotel yang siap menampung pemain selama berada di Solo.

"Hotel kita tidak kekurangan. Pokoknya kita siap menyiapkan fasilitas pendukung," ujar Rudy.

Terkait suporter, Rudy mengingatkan agar menunjukkan sikap santun. Dia khawatir jika suporter tidak tertib bakal merugikan Indonesia.

"Jangan sampai kita mendapat sanksi. Kalau kita dapat sanksi yang rugi kita sendiri. Saya mengimbau pada suporter sepakbola dari semua klub, kita jaga kesantunan," kata dia.

Terpilihnya sebagai tuan rumah piala dunia u-20 tahun 2021, membuat PSSI mengajukan sepuluh stadion yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Termasuk, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta.

Selain itu, lima di antaranya pernah menjadi venue Asian Games 2018. Yakni, Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Si Jalak Harupat (Bandung). Serta, Stadion Jakabaring (Palembang) yang merupakan venue tim sepakbola putri di pesta olahraga negara-negara Asia itu.

PSSI juga mengajukan Manahan (Solo), serta dua home base klub Liga 1 Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).



Simak Video "Bahas Piala Dunia U-20, Jokowi Pelototi Sarana Prasarana"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com