sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 01 Nov 2019 00:48 WIB

Viola Kurniawati Bicara Tentang Oligarki Sepakbola Indonesia

Randy Prasatya - detikSport
Viola Kurniawati saat masih menjadi CEO PSS Sleman. (Foto: Instagram @veeola)
Jakarta - Viola Kurniawati, mantan CEO PSS Sleman yang maju menjadi calon Exco PSSI, menyebut ada oligarki di sepakbola Indonesia. Apa maksudnya?

PSSI akan menggelar Kongres pemilihan ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Sabtu (2/11/2019). Ada 11 calon ketua umum yang terdaftar, 15 calon wakil ketua umum, dan 71 calon Exco.

Viola menjadi salah satu yang mendaftar menjadi calon Exco. Meski namanya tercantum, dara yang merupakan mantan media officer Persija Jakarta ini justru belum tahu akan datang ke kongres atau tidak.

Hal itu karena Viola tidak pernah ada niat menyalonkan diri. Ia mengaku cuma diminta oleh beberapa voters untuk maju mendaftar sebagai calon exco PSSI.




"Dari awal juga ini bukan ambisi saya sama sekali. Saya dicalonkan oleh beberapa voters. Nah, jadi saya ikuti saja prosesnya. Urusan besok saya datang ke kongres atau tidak, itu tergantung saya bisa bangun pagi atau tidak," kata Viola saat ditemui di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Viola sendiri tak pernah berpikir bakal terpilih menjadi anggota exco PSSI. Ia menilai oligarki atau orang-orang yang punya kuasa di sepakbola Indonesia akan sulit memberinya ruang.

"Bukan pesimis, cuma oligarki di sepakbola ini masih jauh perjalanannya untuk bisa berevolusi, jadi saya memilih mendukung sepakbola Indonesia dengan memberi kontribusi cara yang lain," Viola menambahkan.

"Menurut saya, semalam, kalau temen-teman menonton salah satu tayanang, ada juga yang sudah mengucapkan itu (menyindir Kongres di Twitter). Jadi ini bukan cuma saya saja. Ya, kalau beberapa orang mungkin sudah tahu juga nama-namanya. Buat apa melawan sesuatu hal yang mustahil seperti itu."

"Saya juga tidak punya bayangan akan terpilih. Ini seperti kita mau tanding, tapi sudah tahu skornya, jadi bagaimana dong?" katanya sambil tertawa.




Ditanya terkait perkiraan hasil di pemilihan exco nanti, Viola menyebut hasilnya tak bakal jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Setiap tahun, kan, ini sama. Mungkin seperti reuni besar aja. Saya tidak mau komentar (terkait nama yang bakal duduki exco)," tegasnya.

Simak Video "Massa Geruduk Lokasi Kongres PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com