sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 02 Nov 2019 20:02 WIB

Ketum PSSI Iwan Bule Wacanakan Divisi Khusus Pembinaan Suporter

Mercy Raya - detikSport
Kerusuhan suporter saat Persebaya menjamu PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1 2019. (Moch Asim/pd/Antara) Kerusuhan suporter saat Persebaya menjamu PSS Sleman dalam lanjutan Liga 1 2019. (Moch Asim/pd/Antara)
FOKUS BERITA Kongres PSSI
Jakarta - Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, Mochamad Iriawan, berencana membuat divisi khusus pembinaan suporter. Itu agar tak muncul lagi masalah suporter.

Iriawan atau yang karib disapa Iwan Bule usai terpilih memang banyak menyimpan banyak pekerjaan rumah untuk membenahi sepakbola nasional. Di antaranya, menyiapkan Timnas U-20 menuju Piala Dunia 2021 yang sekaligus menjadi tuan rumah. Juga, menghentikan kekerasan dan korban suporter, juga tindakan rasis dan masalah lainnya.

Aksi anarkis paling akhir muncul bahkan setelah Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, yakni dalam laga Persebaya dan PSS Sleman di Gelora Bung Tomo pada Selasa (29/10).

Kekalahan Bajul Ijo 2-3 dari PSS Sleman memantik emosi suporter. Bonek penyalakan smoke bomb serta flare, perusakan bench pemain, perusakan dan membakar aboard dan gawang, serta melakukan pengejaran terhadap pemain Persebaya. Imbasnya, Bajul Ijo dipastikan tanpa penonton pada saat laga home dan away sampai akhir musim kompetisi 2019.


"Suporter akan ditindaklanjuti. Karena suporter hal yang krusial. Jadi, kami masukkan ini ada PR (pekerjaan rumah) kami yang cukup berat. Nanti ada divisi untuk pembinaan fans (suporter)," kata Iriawan di Shangri-La Hotel, Sabtu (2/11/2019).

Miris, karena sikap anarkis yang dilakukan suporter ternyata tak hanya dilakukan oleh fans klub itu sendiri. Gubernur Kalimantan Utara, Sugianto Sabran, juga melakukan hal sama. Dia kedapatan melempar botol minuman dan memarahi Kapolres ketika menyaksikan pertandingan Kalteng Putra dengan Persib Bandung karena kecewa dengan sistem perwasitan.

"Enggak boleh lempar botol. Nanti akan kami evaluasi hukuman apa yang diberikan," kata Iwan Bule.



Simak Video "Begini Saat Iwan Bule Cuekin Vijaya di Kongres PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
FOKUS BERITA Kongres PSSI
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com