sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 13:36 WIB

Simon McMenemy Dipecat, Luis Milla Ramaikan Kandidat Pelatih Timnas

Femi Diah - detikSport
Luis Milla disebut-sebut menjadi kandidat pelatih Timnas Indonesia setelah Simon McMenemy dipecat. (INASGOC/Charlie) Luis Milla disebut-sebut menjadi kandidat pelatih Timnas Indonesia setelah Simon McMenemy dipecat. (INASGOC/Charlie)
Jakarta - PSSI mengumumkan telah memecat Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia hari ini. Sederet kandidat penggantinya muncul, termasuk Luis Milla.

PSSI mengumumkan keputusan itu melalui Instagram pada Rabu (6/11/2019). Simon tinggal memiliki satu pertandingan bersama Skuat Garuda, yakni menghadapi Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 19 November di Kuala Lumpur.

Untuk mencari pengganti Simon, Komite Eksekutif PSSI akan berdiskusi dengan Departemen Teknik PSSI. Selain itu, Ketua Umum PSSI juga akan mengundang dan menyerap aspirasi dari beberapa ekspert pelatih yang ada di Indonesia.

"Kita akan mendiskusikan hal ini dengan terbuka," jelas Iriawan yang memimpin rapat Komite Eksekutif pada hari Selasa malam.

[Gambas:Instagram]

Sejumlah nama pengganti Simon pun mengemuka. Dua di antaranya disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, tepat setelah Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI pada 2 November. Waktu itu, Iwan menyebut mantan pelatih Timnas Indonesia di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Milla, dan mantan pelatih tim nasional Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Berikut deretan kandidat pengganti Simon McMenemy di Timnas Indonesia:

1. Luis Milla

Luis Milla bukan sosok baaru bagi Timnas Indonesia. Dia diikat oleh PSSI pada 20 Januari 2017 dengan target utama mencapai empat besar Asian Games 2018 bersama Timnas U-23. Saat itu, Milla juga bertanggung jawab terhadap Timnas senior.

Bersama Timnas Indonesia, dicatat Transfermarkt, mendampingi Skuat merah Putih dalam 11 pertandingan, baik di Asian Games maupun di laga persahabatan. Milla bersama-sama Timnas senior dalam enam pertandingan dengan hasil dua kemenangan, dua imbang, dan dua kekalahan. Di Asian Games 2018, Milla mengantarkan Timnas meraih tiga kemenangan dan dua kali kalah.

Selain itu, Milla juga menangani Timnas di laga-laga di luar agenda resmi FIFA. Yakni, saat Timnas menjalani pertandingan di Aceh Solidarity Games dan SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

bersama Milla, Timnas Indonesia dinilai mampu menunjukkan permainan sip. Tapi, dalam prosesnya, PSSI tak sanggup membayar gaji Milla yang disebut-sebut mencapai Rp 2 miliar per bulan. PSSI juga menunggak rumah kontrakan Milla di Bali.
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com