sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 15:30 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah di 2021, Ini Fakta-fakta Piala Dunia U-20

Angga Laraspati - detikSport
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Indonesia dapat kehormatan besar setelah dipercaya FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021. Simak data dan fakta Piala Dunia U-20 berikut ini.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah mengalahkan Brasil dan Peru dalam biding yang digelar pada akhir Oktober lalu. Keputusan tersebut dikeluarkan FIFA dalam Council Meeting di Shanghai, yang dipimpin langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pemain-pemain muda terbaik dari seluruh dunia akan unjuk kemampuan di Indonesia dalam kurun dua tahun ke depan. Selain jadi tontonan memikat, event ini adalah kesempatan emas buat bibit muda Indonesia meraih prestasi internasional dan sekaligus menakar kemampuan mereka.

Berikut data dan fakta Piala Dunia U20 pada 2021:

Indonesia Pertama Kalinya Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Dilansir dari website resmi FIFA. Piala Dunia U20 pertama kali diselenggarakan di Tunisia pada tahun 1977. Kali ini Indonesia resmi dinobatkan sebagai tuan rumah ke-22 perhelatan kompetisi akbar sepakbola dunia ini. ini merupakan penyelenggaraan pertama
kalinya bagi Indonesia.

24 Tim Akan Bertanding Menjadi yang Terbaik

Sebanyak 24 tim akan bertanding untuk memperebutkan piala bergengsi tersebut. Salah satunya adalah Indonesia yang sudah memastikan namanya di Grup A.


Digelar di 6 Stadion

6 stadion akan menjadi tempat untuk gelaran piala dunia 2021 di Indonesia. Saat ini Indonesia telah mengajukan 10 stadion untuk menghelat pertandingan tersebut. Nantinya FIFA akan memilih 6 dari 10 stadium tersebut untuk dijadikan venue pertandingan.

10 stadion tersebut adalah: GBK, Stadium Patriot, Wibawa Mukti, Pakansari, Jalak Harupat, Mandala Krida, Manahan, Gelora Bung Tomo, Kapten I Wayan Dipta, dan Gelora Sriwijaya.

Kerahkan Kekuatan Garuda Muda

Para pemain muda yang berada pada skuat Garuda Muda adalah sebagian pemain yang sekarang sedang berjuang untuk kualifikasi Piala Asia U19. Dalam dua tahun ke depan pemain yang sudah berumur 21 tahun tidak dapat mengikuti lagi Piala Dunia U20. Namun, pemain seperti si kembar Bagas dan Bagus, David Maulana, dan pemain-pemain dari Garuda Select dapat menjadi pilihan untuk mengisi skuat garuda muda untuk Piala Dunia
U20.

Lawan Indonesia di Piala Dunia U20

Indonesia dipastikan akan menghadapi lawan-lawan berat. Negara-negara kuat seperti Brasil, Argentina, Jepang dan beberapa tim asal Eropa yang diprediksi akan lolos ke putaran final. Menariknya, lawan-lawan Indonesia yang nantinya akan berumur 20 tahun pada tahun 2021 ini, sedang menjalani kompetisi Piala Dunia U17 yang sedang digelar di Brasil.

Selain itu kompetisi AFC U19, yang barus memasuki babak kualifikasi di bulan ini, juga akan memperebutkan 4 tiket untuk masuk otomatis ke Piala Dunia U20 di Indonesia.

Rekor-Rekor dalam Piala Dunia U20

Brasil menjadi tim yang paling sering ikut dalam Piala Dunia U20 dengan 18 kali penampilan. Sementara Tim Tango Argentina menjadi juara terbanyak dengan total 6 kali, diikuti Brasil 5 kali, dan Portugal 2 kali.


Javier Saviola adalah pemegang rekor gol terbanyak pada kompetisi ini dengan total 11 gol. Sergio Aguero, Joao Viera Pinto, dan Fernando Brassard menjadi pemain yang paling banyak memenangi kompetisi ini sebanyak 2 kali.

Pertandingan antara Norwegia melawan Honduras pada 2019 memegang rekor dengan gol margin terbanyak yaitu 12-0. Erling Haland pemain asal Norwegia memegang rekor mencetak gol terbanyak di dalam satu pertandingan yaitu 9 gol. Pada Piala Dunia U20 tahun yang digelar di Polandia, Ukraina meraih gelar pertamanya.

Menarik untuk ditunggu kiprah dari para pemain muda potensial yang dimiliki oleh Garuda Muda di ajang Piala Dunia U20. Selain menjadi tempat menimba pengalaman, lewat kompetisi ini mereka ditantang untuk unjuk gigi.

Anda bisa memantau pertandingan menarik menuju ke Piala Dunia U20 seperti Timnas U19 di Piala AFC U19, Piala Dunia U17 dan perkembangan dari anak-anak muda harapan bangsa di Garuda Select, dan juga pertandingan Piala Dunia U20 2021 nanti secara langsung di Mola TV.

Simak Video "Suporter MU Adu Jago sama Arsenal, Siapa yang Menang?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com