sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 15:48 WIB

Sosok Iwan Bule dari Jenderal Polisi Hingga Ketua PSSI

Lusiana Mustinda - detikSport
Iwan Bule sah sebagai ketua umum PSSI (Rifkianto Nugroho/detikSport)
FOKUS BERITA Kongres PSSI
Jakarta - Komisaris Jenderal Polisi Mochammad Irawan yang lebih akrab disapa Iwan Bule terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Siapa sosok Iwan Bule ini?

Iwan Bule lahir di Jakarta pada 31 Maret 1962. Mengawali karier sebagai polisi, kini ia dipilih dan mendapatkan 82 suara dari 86 voter dalam Kongres Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-La pada Sabtu (02/11/2019).



Dirangkum dari detikcom, ini sosok Iwan Bule dan jejak kariernya:

1. Karier

Iwan Bule ialah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1984. Karier kepolisiannya terbilang sangat cemerlang. Di tahun 2001, Iwan Bule menjabat sebagai Kapolres Tegal selama tiga tahun. Dan di tahun 2012, ia diangkat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat.

Tahun 2013, Iwan juga diangkat menjadi Kapolda Jawa Barat. Tahun 2016 Iwan Bule dipercaya untuk memegang jabatan Kapolda Metro Jaya. Dan, sejak tahun 2018 lalu, Iwan Bule kemudian menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

2. Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat

Iwan Bule pernah menjadi pejabat Gubernur Jawa Barat untuk mengisi kekosongan jabatannya menjelang Pemilihan Kepala Daerah. Pada Juni 2018 lalu Komisaris Polri Mochammad Irawan resmi dilantik sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan yang habis masa jabatannya. Sebelum dilantik sebagai pejabat Gubernur Jawa Barat, penunjukan Iwan Bule sebagai Pj Gubernur Jawa Barat sempat jadi polemik.

3. Penghargaan Nasional dan Internasional

Selama menjabat, Iwan Bule telah meraih banyak penghargaan. Iwan Bule telah mendapatkan 15 penghargaan nasional dan internasional. Yakni Bintang Bhayangkara Nararya, SL. Ksatria Bhayangkara, SL. Operasi Kepolisian dan dua penghargaan internasional yaitu UNTAC Medals di Kamboja serta UNCRO Medals di Kroasia.

4. Dewan Penasihat Persib Bandung

Kecintaan Iwan Bule dengan sepakbola memang tak diragukan. Sosok Iwan Bule bukanlah orang baru dalam sepakbola Tanai Air. Tahun 2009, Iwan Bule pernah menjabat sebagai Dewan Penasihat Persib Bandung. Ia juga aktif sebagai pelindung di PSSI Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat.

Bahkan, nama Iwan Bule sendiri diusulkan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat pada April 2019.

5. Jadi Ketua Umum PSSI 2019-2023

Iwan Bule terpilih melalui KLB PSSI dan menang mutlak usai meraih 82 suara dari total 86 voter yang diundang di Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11). Dua pesaingnya yang tersisa, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono tidak mendapat suara.



Simak Video "Sah! PSSI Kepengurusan Iwan Bule Resmi Dilantik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
FOKUS BERITA Kongres PSSI
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com