sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Nov 2019 16:28 WIB

Bukan Kontrak Habis, Diduga Ada Alasan Lain Fakhri dan Timnas U-19 Pisah Jalan

Yudha Maulana - detikSport
Rochy Putiray menduga ada alasan lain hingga Fakhri Husaini dan Timnas (Yudha Maulana/detikSport) Rochy Putiray menduga ada alasan lain hingga Fakhri Husaini dan Timnas (Yudha Maulana/detikSport)
Bandung - Fakhri Husaini mengakhiri kebersamaan dengan Timnas Indonesia U-19, setelah lolos ke Piala Asia 2020 di Uzbekistan. Mantan pemain nasional, Rochy Putiray, tak yakin perpisahan itu karena kontrak habis.

Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia usai hasil imbang 1-1 dengan Korea Selatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (10/11/2019). Skuat Garuda Muda melaju ke Uzbekistan sebagai juara grup.

Seiring usainya Kualifikasi Piala Asia U-19 itu, kebersamaan Fakhri dan Timans juga turut berakhir. PSSI menyebut kontrak dengan Fakhri sudah habis.


Rochy, yang pernah bermain bersama Fakhri di Timnas 1997, menilai ada penyebab lain hingga Fakhri dan Timnas U-19 pisah jalan. Dia mengaitkannya dengan penunjukkan Fakhri sebagai pelatih Timnas U-19 yang bermula dari desakan warganet.

"Soal mundurnya Fakhri, saya yakin ada yang enggak beres di kepengurusan PSSI sebelumnya. Karena saya sangat kenal dia, bahkan saya pernah ribut sama dia," ujar Rochy saat ditemui di Lapangan Pusdikjas Kota Cimahi, Kamis (14/11/2019).

"Enggak mungkin alasan dia mundur hanya karena statusnya sebagai karyawan di salah satu perusahaan. Kalau karena alasan itu, dia enggak akan terima kerjaan sejak awal. Dan desakan dia harus balik ke Timnas pun sebenarnya karena ada desakan netizen," ujar pria yang kerap tampil nyentrik itu.

Rochy juga mengaitkan keputusan melepas Fakhri itu dengan tradisi PSSI yangn mengganti pelatih Timnas senior maupun junior, saat kondisi tim justru sedang bagus.

"Tren federasi sepakbola Indonesia itu ketika pelatih sedang bagus-bagusnya lalu dicoret. Itu merusak mental pemain. Pekerjaan besar buat kepengurusan PSSI yang baru," kata dia.

Saat disinggung kemungkinan dirinya menggantikan posisi Fakhri sebagai nakhoda Timnas U-19, Rochy mengaku hal itu tak bakal terealisasi.

"Saya lebih berminat melatih Timnas perempuan ketimbang Timnas laki-laki," kata dia.



Simak Video "Indonesia U-19 Kalah dari Arab Saudi "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com