sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 18 Nov 2019 20:40 WIB

PSM Vs Persipura: Juku Eja Hajar Mutiara Hitam

Ibnu Munsir - detikSport
PSM Makassar berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 4-0 (Foto: Ibnu Munsir/detik.com) PSM Makassar berhasil mengalahkan Persipura Jayapura 4-0 (Foto: Ibnu Munsir/detik.com)
Makassar - PSM Makassar menang meyakinkan saat menghadapi Persipura Jayapura dalam laga lanjutan Liga 1 2019. Juku Eja menggebuk Mutiara Hitam 4-0.

Berlaga di Stadion Andi Mattalatta, Senin (18/11/2019), PSM sukses empat kali menggetarkan jala Persipura. Gol-gol tuan rumah diciptakan oleh Ezra Walian, Rizky Eka Pratama, Amido Balde serta Ferdinand Sinaga.

Tambahan tiga angka membuat PSM naik satu tingkat ke urutan ke-8. Mereka mengumpulkan 39 poin dari 27 laga.

Sementara bagi Persipura, kegagalan meraih angka di laga ini memaksa mereka gagal memangkas jarak dengan Bali United di puncak klasemen.

Pasukan Jackson F. Thiago menempati posisi kedua dengan 44 angka. Mereka terpaut 13 angka dari Bali United.



Jalannya Pertandingan

Laga berlangsung ketat di awal laga dengan Persipura berani tampil terbuka untuk mengimbangi PSM. Juku Eja mampu membuka keunggulan di menit ke-12 lewat Ezra Walian.

Bermula dari sebuah lemparan ke dalam, bola mengarah ke kotak penalti Persipura. Ezra memenangi perebutan bola dengan Ricardo Salampessy. Ia lalu melepas sepakan keras yang memperdayai Dede Sulaiman.

PSM menggandakan kedudukan di menit ke-35. Umpan silang dari sisi kiri menghadirkan kemelut di depan gawang Persipura.

Bola liar langsung disambar oleh Rizky Eka Pratama. Derasnya laju bola gagal dibendung oleh Dede. Skor 2-0 untuk PSM.

Tertinggal dua gol, Mutiara Hitam meningkat agresivitas serangannya. Namun hal tersebut membuat lini pertahanan mereka meninggalkan banyak celah.

Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh PSM. Lewat sebuah serangan balik cepat, umpan Rizky Pellu mampu dituntaskan menjadi oleh Amido Balde di akhir babak pertama.

Skor 3-0 untuk PSM bertahan hingga laga bebak pertama tuntas.

Persipura mengambil inisiatif serangan selepas jeda. Di menit ke-51, Todd Rivaldo Ferre melepas percobaan dari luar kotak penalti. Usahanya ini masih mengarah tepat di pelukan Rivky Mokodompit.

Mendapat tekanan dari Persipura, PSM memilih untuk tampil lebih menunggu di lini belakang. Penampilan disiplin mereka mampu menyulitkan Persipura untuk menciptakan peluang.

Di menit akhir laga, PSM justru mampu menambah gol. Ferdinand Sinaga lepas dari jebakan offside, ia mengecoh Dede sebelum menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Munhar, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Rasyid Bakri, Rizky Eka Pratama, Marc Klok; Amido Balde, 30-Ezra Walian .

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Anis Tjoe, Ricardo Salampessy,Andre Ribeiro, Yustinus Pae; Muhammad Tahir, Oh In-kyun, Ian Louis Kabes, Todd Rivaldo Ferre; Gunansar Mandowen,Titus Bonai.



Simak Video "PSM Khawatir Laga Tandang dengan Persipura Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com