sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Nov 2019 23:15 WIB

Deja Vu Blunder Yanto Basna dan Maman Abdurrahman di Malaysia

Yanu Arifin - detikSport
Yanto Basna membuat blunder saat menghadapi Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. (Foto: Rachman Haryanto/detikSport) Yanto Basna membuat blunder saat menghadapi Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. (Foto: Rachman Haryanto/detikSport)
FOKUS BERITA Malaysia Vs Indonesia
Jakarta - Rudolof Yanto Basna membuat blunder saat Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Timnas Malaysia. Kesalahannya dinilai mirip dengan blunder Maman Abdurrahman 9 tahun silam.

Bertandang ke Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, dalam matchday kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (19/11/2019), Indonesia dua kali dibobol striker muda Malaysia, Safawi Rasid. Proses gol kedua Safawi yang banyak disorot.


Di menit ke-73, Safawi menjebol gawang Muhammad Ridho dengan sepakan kaki kiri dari sisi kiri gawang Indonesia. Ia melepaskan tendangan, usai merebut bola dari penguasaan Yanto Basna di kotak penalti.

Yanto Basna, yang berusaha menahan-nahan bola agar keluar lapangan, malah gagal menjaganya. Bolanya direbut Safawi dan kemudian berujung gol kedua Malaysia.

Di lini masa media sosial, banyak yang menyebut blunder Yanto Basna adalah deja vu dari blunder eks bek timnas, Maman Abdurrahman, di leg pertama final Piala AFF 2010. Ketika itu, pemain yang kini membela Persija Jakarta tersebut membuat kesalahan serupa.

Di tempat yang sama, 26 Desember 2010, Maman membuat kesalahan saat menjaga Norsahrul Ildan Talaha. Bermaksud membiarkan bolanya keluar, Maman justru kurang sigap sehingga bolanya direbut. Norsahrul lantas mengopernya ke Safee Sali, dan menjadi gol pertama Malaysia.


Jika dilihat, kesalahan Yanto Basna dan Maman Abdurrahman memang sama. Dan apesnya, blunder itu berujung gol ke gawang sendiri.

Kekalahan 0-2 dari Malaysia membuat Indonesia menelan kekalahan kelimanya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda pun terbenam di dasar grup dengan nirpoin, saat Harimau Malaya bisa berada di posisi dua.



Simak Video "Andritany Cs Dicemooh Suporter, Ini Reaksi Coach Simon"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/nds)
FOKUS BERITA Malaysia Vs Indonesia
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com