sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Nov 2019 13:49 WIB

Kriteria Pemain Pilihan Indra Sjafri: Skill Bukan yang Utama

Bayu Baskoro - detikSport
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, mengungkap kiriteria pemain pilihannya. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport) Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, mengungkap kiriteria pemain pilihannya. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Timnas Indonesia U-23 sudah mengumumkan skuat final untuk SEA Games 2019. Soal pilihan pemain, Indra Sjafri, bilang bahwa skill bukan yang utama.

Timnas U-23 berlaga di SEA Games 2019 pada pekan depan. 20 pemain pilihan Indra Sjafri sudah diumumkan, di sana ada nama-nama seperti Egy Maulana Vikri, Evan Dimas Darmono, dan Andy Setyo Nugroho.

Pemain-pemain yang ditepikan ada Awan Setho Raharjo, juga Hanif Sjahbandi. Dalam acara D'Happening di detikcom, Indra membeberkan mengenai kriteria dalam melakukan pemilihan pemain.

"Bagi saya mental itu faktor paling penting, skill nomor dua. Kalau kemampuan mumpuni tapi mentalnya tidak kuat, maka hasilnya bakal sia-sia," kata Indra Sjafri kepada detikSport.

"Saya bicara seperti ini karena punya pengalaman sebelumnya, waktu final Piala AFF U-19 Sidoarjo tahun 2013. Waktu laga final saya hanya mengandalkan pemain berdasarkan skill untuk starter melawan Vietnam, hasilnya kita draw."


"Kemudian di babak perpanjangan waktu saya masih sama, hanya mengandalkan kemampuan dan ternyata tetap imbang hingga babak penalti. Di situ baru terlihat bagaimana mental juara pemain benar-benar penting bagi tim, sampai bisa angkat piala."

"Saya meyakini apa yang dikatakan Profesor BJ Habibie, skill memainkan peran 20 persen dan sisanya ditentukan oleh mental serta kekuatan spiritual. Oleh karena itu, saya ingin membentuk pemain yang tidak hanya mumpuni secara kemampuan, tapi juga bermental juara," ujar Indra menambahkan.

Indonesia tergabung dalam grup berat di SEA Games 2019. Tim Merah-Putih mesti bersaing dengan Thailand Vietnam, Singapura, Laos dan Brunei Darussalam untuk merebut tiket ke semiifinal.

Indonesia melawan Thailand di pertandingan pertama. Duel Garuda Muda dengan Thailand berlangsung di Rizal Memorial Stadium pada 26 November.




Simak Video "Hoki Dilarang Tampil di SEA Games, Ini Penjelasan Kepala Kontingen RI"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com