sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 25 Nov 2019 12:18 WIB

Timnas di SEA Games 2019: Rizal Memorial, Indonesia Kembali Datang

Lucas Aditya - detikSport
Timnas Indonesia U-22 mengharapkan tuah Rizal Memorial Stadium di SEA GAmes 2019. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Manis. Begitu rasanya Timnas Indonesia mengenang momen-momen di Rizal Memorial Stadium, Manila. Akankah kenangan indah itu berlanjut di SEA Games 2019 atau sebaliknya?

Tiga tahun lalu, tepatnya di Piala AFF 2016, Indonesia mengikuti turnamen pertama setelah bebas dari sanksi FIFA. Dengan segala keterbatasan, skuat Garuda berangkat ke Filipina.

Kala itu, Indonesia ditangani oleh pelatih kawakan Alfred Riedl. Juru taktik asal Austria itu seakan mempunyai unfinished business dengan Timnas, hingga mau menangani Boaz Solossa cs.

Dengan skuat 'seadanya', karena hanya boleh mengambil dua pemain dari setiap klub Liga 1, Indonesia menjadi underdog di Grup A Piala AFF 2016. Di ajang itu, tim Merah-Putih segrup dengan Thailand, Singapura dan tuan rumah Filipina.

Dua pertandingan Indonesia dilewati tanpa raihan kemenangan. Kekalahan 2-4 dari War Elephants dan hasil imbang 2-2 saat berduel dengan The Azkals menempatkan Indonesia pada posisi terjepit di klasemen Grup A Piala AFF 2016.

Untuk lolos ke semifinal, Indonesia mesti menang atas Singapura di Rizal Memorial Stadium pada 25 November 2016. Sembari itu, Indonesia mesti berharap Thailand jangan sampai tumbang dari Filipina. Tim asuhan Kiatisuk Senamuang saat itu sudah lolos karena mengantongi dua kemenangan.


Prediksi bahwa Indonesia tak akan lolos grup seakan menjadi kenyataan di saat itu. Gol dari Khairul Amri pada menit ke-27 membuat Indonesia mesti siap-siap menyudahi turnamen lebih awal.

Suporter Indonesia yang ada di tribune pun lesu, andai kalau tim Garuda tak akan melaju ke semifinal. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah pergi ke restoran cepat saji di seberang stadion.

Tiga pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 menerima kejutan kue ulang tahun dari KBRI Manila usai menjalani latihan Stadion Rizal Memorial. Acara tiup lilin digelar di pinggir lapangan.Tiga pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 menerima kejutan kue ulang tahun dari KBRI Manila usai menjalani latihan Stadion Rizal Memorial. Acara tiup lilin digelar di pinggir lapangan. (Rachman Haryanto/detikSport)

Semangat Indonesia tak surut kendati harus memeras keringat lebih banyak untuk meraih satu tiket ke semifinal. Andik Vermansah menghidupkan peluang dengan mencetak go penyeimbang pada menit ke-62. Stefano Lilipaly membuat tribune Rizal Memorial Stadium bergemuruh dengan golnya lima menit menjelang bubaran.

Rizal Memorial masih bertuah untuk Indonesia tiga tahun lalu, mengantarkan tim Merah-Putih melaju ke semifinal Piala AFF 2016.
Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com