sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 19:09 WIB

Disambangi Badan Internasional Sepakbola, Pemakaian VAR di Liga 1 Makin Dekat?

Bayu Baskoro - detikSport
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (Mercy Raya/detikSport)
Jakarta - PSSI bertemu perwakilan Internasional Football Asociation Board (IFAB) membahas rencana implementasi VAR di Indonesia. PSSI mematok target VAR digunakan pada 2021.

Pertemuan tersebut berlangsung di Jakarta, Kamis (28/11/2019). Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria, Kepala Departemen Perwasitan, Efraim Ferdinand, serta Technical Director IFAB, David Elleray.

Menurut Tisha agenda pertemuan ini bertujuan membahas kebijakan dan prosedur penerapan Video Asisstant Referee (VAR) pada pertandingan sepakbola. Hal ini dimaksudkan agar penggunaan VAR sudah bisa dilakukan di kompetisi Indonesia pada 2021.


IFAB merupakan badan yang bertanggungjawab terhadap penyusunan regulasi permainan sepakbola. Persetujuan penggunaan VAR oleh IFAB sama saja dengan mendapatkan restu dari FIFA.

"Dalam pengimplementasian VAR, persetujuan datangnya dari IFAB. Setelah itu FIFA hanya tinggal menyetujui saja setelah IFAB memberi lampu hijau untuk itu," kata Tisha.

Setelah pertemuan itu, rencananya bakal ada pertemuan lanjutan antara PSSI, FIFA, dan IFAB mengenai teknis dan langkah-langkah pengimplementasian VAR pada 2021. Berbagai persiapan akan dilaksanakan, seperti pelatihan SDM, penerapan teknologi, survey stadion, hingga time plan menuju 2021.

Proses untuk mendapatkan persetujuan tersebut membutuhkan waktu sembilan hingga dua belas bulan. Mulai dari pertimbangan awal, perjanjian (VAR Agreement), persiapan dan pelatihan, persetujuan, serta pemantauan.

Sebelum VAR benar-benar diterapkan, Elleray mengatakan wasit juga mesti mendapatkan edukasi soal itu. Para pengadil tersebut harus memahami soal peraturan-peraturan, hingga pergerakan mereka di lapangan bakal dilatih pula.

"Wasit mulai mendapatkan edukasi secara offline awal tahun depan," kata Elleray.


Disambangi Badan Internasional Sepakbola, Pemakaian VAR di Liga 1 Makin Dekat?


Simak Video "VAR Selamatkan MU dari Kekalahan"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com