sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 02 Des 2019 00:58 WIB

Ditekuk Vietnam, Indonesia Gagal Jalankan Taktik di Babak Kedua

Randy Prasatya - detikSport
Timnas Indonesia U-22 kalah dari Timnas Vietnam U-22 di matchday ketiga sepakbola SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport) Timnas Indonesia U-22 kalah dari Timnas Vietnam U-22 di matchday ketiga sepakbola SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Manila - Timnas Indonesia U-22 kalah 1-2 dari Vietnam di matchday ketiga cabang sepakbola SEA Games 2019. Pelatih Indra Sjafri menilai taktiknya mandek di babak kedua.

Bertanding di Rizal Memorial Stadium, Manilia, Filipina, Minggu (1/12/2019), Indonesia sempat bermain apik di babak pertama. Skuat Garuda Muda pun unggul 1-0 lewat gol Sani Rizki Fauzi.

Di babak kedua, Indonesia gagal mempertahankan keunggulannya. Vietnam mampu berbalik memimpin menjadi 2-1 lewat gol Nguyen Thanh Chung dan Nguyen Hoang Duc.


Indra menilai, Indonesia kalah karena taktiknya tak berjalan di babak kedua. Egy Maulana Vikri dkk gagal menerapkan skema serangan balik yang sedianya direncanakan di paruh kedua.

"Kami memulai babak pertama dengan baik, dengan game plan yang sudah direncanakan. Di babak pertama kami bisa unggul satu gol dari hasil cara bermain yang kami sudah rencanakan," kata Indra usai laga.

"Di babak kedua, sebenarnya kami mencoba untuk memancing Vietnam karena mereka tertinggal, pasti akan terus menyerang. Kami berharap ada serangan balik, tapi selalu gagal. Beberapa kali kami dengan sabar menunggu bola untuk direbut, tapi serangan balik kami tak berhasil."

"Kemudian di babak kedua, Vietnam mengambil keuntungan dari set-piece. Ya, begitu risiko dari deep defending. Begitu kami diblok, orang akan melakukan tendangan dan itu yang terjadi," tegasnya.


Kekalahan membuat Indonesia sementara turun ke peringkat ketiga Grup B Sepakbola SEA Games 2019 dengan poin 6, sama dengan Thailand yang berada di peringkat dua berkat keunggulan gol. Sementara Vietnam memimpin dengan poin 9.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Brunei di stadion yang sama, Selasa (3/12). Kemenangan dibutuhkan agar Indonesia bisa menjaga kans lolos ke semifinal.

Simak Video "Hadapi Final, Timnas U-22 Hari Ini Fokus Pemulihan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com