sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 04 Des 2019 12:35 WIB

Hitung-hitungan Indonesia Bisa ke Semifinal SEA Games 2019

Yanu Arifin - detikSport
Timnas Indonesia U-22 punya syarat agar bisa lolos ke semifinal SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna) Timnas Indonesia U-22 punya syarat agar bisa lolos ke semifinal SEA Games 2019. (Foto: Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA Indonesia Vs Laos
Jakarta - Timnas Indonesia U-22 membuka kans ke semifinal SEA Games 2019, usai menghajar Brunei 8-0. Namun, ada syarat yang dibutuhkan Garuda Muda agar bisa melaju.

Indonesia melumat Brunei 8-0 di Stadion Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019). Osvaldo Haay mencetak hat-trick, Egy Maulana Vikri dua gol, dan sisanya gol dicetak Saddil Ramdani, Andy Setyo, dan Witan Sulaeman.

Kemenangan telak itu membuat Indonesia naik ke peringkat kedua Grup B cabang sepakbola SEA Games 2019 dengan torehan 9 poin. Raihan Indonesia sama dengan Thailand, namun unggul selisih gol (+11 vs +10). Sementara Vietnam masih di posisi teratas dengan 12 poin dan punya selisih gol +13.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, baik Vietnam, Indonesia, dan Thailand masih harus bersaing memperebutkan tiket semifinal. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Laos, dan Vietnam serta Thailand harus saling berjibaku di lapangan, Kamis (5/12).

Khusus bagi Indonesia, ada syarat-syarat yang memungkinkannya lolos ke semifinal andai meraih kemenangan, imbang, atau imbang sekalipun melawan Laos. Pasukan Indra Sjafri tetap bisa melaju dengan hitung-hitungan berikut:


1. Menang
Andai menang melawan Laos di laga terakhir, bahkan dengan skor minimal 1-0, Indonesia sudah mengamankan posisi minimal runner up di Grup B. Dengan menang 1-0, poin Indonesia akan menjadi 12 dan selisih golnya menjadi (+12), tinggal menunggu apakah bisa menjadi juara grup atau hanya runner up, berdasarkan hasil Thailand vs Vietnam di matchday terakhir.

Andai Vietnam yang menang atau bisa menahan imbang Thailand, Indonesia tetap menjadi runner up Grup B. Jika Vietnam kalah, Indonesia justru bisa menjadi juara Grup B, atau cuma runner up, tergantung dari selisih golnya dengan Thailand. Apabila Thailand punya selisih gol lebih baik, Indonesia bakal lolos ke semifinal tetap berstatus runner up.

Sebaliknya, jika selisih gol Thailand tetap tidak lebih baik dari Indonesia kendati menang dari Vietnam, maka Indonesia yang lolos sebagai juara grup, dan Vietnam menjadi runner up.


2. Imbang
Indonesia tetap bisa lolos ke semifinal andai ditahan Laos di laga terakhir. Syaratnya, Vietnam juga harus mengalahkan Thailand di laga terakhir sehingga Egy Maulana dkk lolos sebagai runner up Grup B dengan 10 poin.

Jika Vietnam dan Thailand juga berimbang, Indonesia juga tetap bisa lolos ke semifinal sebab masih punya keunggulan selisih gol dari Thailand dan maju dengan status runner up.

3. Kalah
Andai Indonesia kalah dari Laos, Indonesia tetap punya peluang ke semifinal. Syaratnya, Thailand juga menelan kekalahan dari Vietnam.

Namun, kekalahan Thailand juga harus lebih telak dari Indonesia. Dengan begitu, Indonesia tetap punya selisih gol yang lebih baik ketimbang Thailand.



Simak Video "Hadapi Final, Timnas U-22 Hari Ini Fokus Pemulihan"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/fem)
FOKUS BERITA Indonesia Vs Laos
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com