sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 09 Des 2019 18:08 WIB

Kiper Vietnam Kerap Blunder, Bisa Dimanfaatkan Indonesia?

Yanu Arifin - detikSport
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Manila - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Vietnam di final sepakbola putra SEA Games 2019. Garuda Muda bisa memanfaatkan kiper lawan yang kerap blunder.

Final SEA Games 2019
mempertemukan Indonesia vs Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019). Sorotan tertuju ke kiper Vietnam, yang kerap membuat blunder.

Dari empat gol yang bersarang ke gawang Vietnam, tiga di antaranya tercipta berkat blunder. Adalah Bui Tien Dung dan Van Toan Nguyen yang membuat ketiga blunder tersebut.

Pertama ketika menghadapi Indonesia di Grup B SEA Games 2019. Satu gol Indonesia yang dilesakkan Sani Rizki di Rizal Memorial Stadium, tercipta berkat kesalahan Tien Dung dalam mengantisipasi crossing Asnawi Mangkualam.


Karena salah posisi, Tien Dung gagal menangkapnya sehingga bolanya terlepas. Bola kemudian membentur mistar atas, dan bisa disundul masuk Sani Rizki Fauzi.

Blunder kiper Vietnam berlanjut, ketika Van Toan diturunkan menghadapi Thailand di laga terakhir Grup B. Gol pertama Thailand tercipta saat Van Toan bermaksud membuang bola backpass ke depan, namun bolanya malah membentur Supachai Chaided. Bolanya memantul masuk ke gawang sendiri.

Blunder kedua terjadi ketika Van Toan bermaksud menangkap bola. Sedikit keluar sarangnya, Van Toan coba menangkap bola yang datang ke kotak penalti. Namun, Van Toan gagal menangkapnya, sehingga bolanya bisa dikuasai Supachai Mueanta, dan menceploskanya ke gawang Vietnam.

Blunder-blunder itu menjadi sorotan jelang melawan Indonesia. Namun, pelatih Park Hang-seo tak terlalu merisaukannya. Terlebih, Van Toan sempat menggagalkan satu penalti Kamboja, saat menang 4-0 di semifinal.


"Tidak benar untuk berbicara tentang kesalahan kiper, jangan tanya saya. Tentang itu, Anda lihat bagaimana mereka. Tulis saja di koran, mereka bangkit dengan baik untuk mempersiapkan final," kata Park, seperti dilansir Zing.vn.

Dari Indonesia, Nadeo Argawinata juga sempat membuat blunder. Ketika mengalahkan Myanmar 4-2 di semifinal, gol kedua lawan tercipta karena tangkapan Nadeo lepas dan bisa dimaksimalkan Win Naing Tun.



Simak Video " Hore! Jokowi Bakal Kasih Bonus Buat Atlet SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com