sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 10 Des 2019 13:18 WIB

Indonesia Vs Vietnam: Jangan Hilang Fokus, Garuda Muda!

Adhi Prasetya - detikSport
Timnas Indonesia diminta menjaga fokus saat melawan Vietnam. Foto: Grandyos Zafna Timnas Indonesia diminta menjaga fokus saat melawan Vietnam. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan berjuang mengalahkan Vietnam demi meraih medali emas SEA Games 2019. Untuk itu, Garuda Muda diminta untuk tidak kehilangan fokus sepanjang laga.

Indonesia akan menghadapi Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12) pukul 19.00 WIB. Dalam perjalanan menuju final, Indonesia meraih 5 kemenangan dan hanya sekali kalah. Egy Maulana Vikri dkk juga sukses mencatatkan 21 gol dan hanya empat kali kebobolan.

Meski begitu, melawan Vietnam tidaklah mudah, apalagi mereka berhasil mengalahkan Indonesia 2-1 di fase grup. Selain itu, penampilan timnas bukan tanpa cela. Tiga dari empat gol yang bersarang di gawang Nadeo Argawinata terjadi di menit-menit akhir babak kedua.

Hal ini menjadi sorotan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro. Ia pun berpesan agar tim asuhan Indra Sjafri lebih konsisten di laga nanti.



"Yang harus timnas waspadai itu semangat juang dari Vietnam, mereka pantang menyerah, dan kualitas pemainnya cukup mumpuni," ujar Seto kepada detikSport.

"(Kemudian) masalah konsentrasi ya, artinya lawan Myanmar juga hampir sama, timnas menang 2-0 lalu di menit-menit akhir jadi 2-2. Lawan Vietnam juga begitu (kebobolan di menit-menit akhir). Artinya masalah konsentrasi, masalah fokus, dari awal sampai akhir harus tetap sama, konsisten kan gitu. Di setiap pertandingan harus seperti itu. Artinya mereka sudah menang 2-0, terus sedikit lengah, kan nggak boleh itu."

Meski begitu, Seto yakin Indonesia bisa menandingi Vietnam. Ia pun menaruh harapan agar Indonesia bisa meraih medali emas.

"Saya pikir pertandingan ini akan berjalan seru, dengan kita pernah kalah dari Vietnam, harapannya ini menjadi motivasi lebih untuk timnas. Tapi secara proses, secara permainan, jumlah gol yang tercipta selalu banyak, artinya kans untuk memenangkan pertandingan tentu besar."

"Harapan saya ya, timnas bisa meraih emas ya. Keyakinan harus ada, tetap ya, kita harus doakan. Harapannya, bisalah (menang), saya pikir secara kualitas dan kolektivitas mampu, kan gitu," tutup eks pemain Timnas Indonesia tersebut.



Simak Video "Hadapi Final, Timnas U-22 Hari Ini Fokus Pemulihan"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com