sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 18:48 WIB

Ganjar Pranowo: Stadion Jatidiri Harus Dikelola Profesional

Angling Adhitya Purbaya - detikSport
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau stadion Jatidiri. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Stadion Jatidiri Semarang ditarget rampung Desember 2020. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berharap agar stadion dikelola oleh kalangan profesional.

Ganjar meninjau proses pembangunan stadion tersebut, Jumat (13/12/2019). Saat ini lintasan lari sudah bisa digunakan sedangkan pembangunan tribun masih berjalan.

"Nanti pengelolaannya kami harapkan bukan dari Pemda tapi kami carikan profesional untuk mengelola. Sehingga mereka yang mengelola punya pengalaman untuk bisnis properti. Sehingga dia bisa menjual, merawat," kata Ganjar saat mengecek pengerjaan lintasan atletik di Stadion Jatidiri, Jumat (13/12/2019).

Salah satu kelebihan Stadion Jatidiri memiliki track lintasan atletik standar Intenational Association of Athletics Federations (IAAF) dan mecanical electric. Secara total stadion yang menyerap anggaran mencapai Rp 1,1 triliun itu bakal rampung akhir 2020.

Dengan sistem pengelolaan yang diharapkan Ganjar, Jatidiri tidak terus-menerus bergantung pada pembiayaan dari negara.

"Sehingga tidak semuanya dibiayai oleh negara. Dan publik bisa menyewa. Jangan-jangan dengan seperti itu bisa untung lebih banyak," katanya.

Ganjar Pranowo: Stadion Jatidiri Harus Dikelola ProfesionalFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom


Stadion berkapasitas 45 ribu penonton itu diharapkan menjadi stadion termegah ketiga di Indonesia setelah GBK dan Jakabaring, stadion itu menggunakan rumput Italia dan ditunjang lampu yang persis dipakai GBK.


"Kami melihat perkembangan pembangunan GOR Jatidiri yang publik banyak menunggu. Dengan segala banyak ceritanya. Dan perkembangannya sangat menarik, sangat bagus. Untuk joging track seperti ini katanya di Indonesia ada tiga, di GBK, Jatidiri dan Papua. Ternyata membuatnya tidak gampang," kata Ganjar.

Selain stadion, di komplek Jatidiri juga tengah dibangun fasilitas GOR, kolam renang indoor, lapangan tenis standard international, lapangan voli pasir, kemudian sepatu roda. Selain itu juga asrama, Sekolah Khusus Olahraga (SKO), gedung terpadu untuk tempat latihan cabang olahraga perorangan seperti silat. Kemudian gedung penunjang parkir vertikal serta youth dan gym center.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jateng, Sinoeng Nugroho Rachmadi mengatakan sebelum Natal tahun ini diusahakan sudah ujicoba pencahayaan.

"Sebelum Natal nanti, kami akan ujicoba pencahayaan stadion," kata Sinoeng.

Untuk paket pengerjaan tahun depan, lanjut Sinoeng, disediakan Rp 116 miliar. Ia berharap lelang untuk tahap 5 bisa dimulai bulan ini.

"Renovasi stadion tahap 5 semoga bisa dilelang Desember ini agar awal tahun depan sudah mulai dikerjakan. Tahun depan ditargetkan sudah bisa beroperasi," tegasnya.

Ganjar Pranowo: Stadion Jatidiri Harus Dikelola Profesional






Simak Video "Ganjar Paparkan 3 Zona Merah Covid-19 di Jateng ke Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com