sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Des 2019 20:28 WIB

Tiga Penalti Selamatkan Persija Jakarta dari Degradasi

Lucas Aditya - detikSport
Tiga gol penalti Marko Simic membantu Persija Jakarta menang 4-0 atas Madura United untuk lolos dari degradasi. (Foto: Rifkianto Nugroho/Detikcom)
Jakarta - Persija Jakarta selamat dari ancaman degradasi Liga 1 2019. Tiga penalti saat menghajar Madura United 4-0 membantu Macan Kemayoran memetik tiga poin penting.

Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (13/12/2019), membutuhkan tambahan poin penuh untuk lolos dari jeratan degradasi. Tim asuhan Edson Araujo Tavares merespons itu dengan sip, bisa menyarangkan empat gol sebelum jeda.

Tiga dari empat gol Persija itu diciptakan via titik putih. Dua pelanggaran bek Madura United, Jaimerson, menjadi penyebabnya. Satu lainnya akibat foul Rendika Rama.

Marko Simic membukukan hat-trick. Satu gol lainnya diciptakan oleh Ramdani Lestaluhu. Di babak kedua tak ada tambahan gol lagi Persija menang empat gol tanpa balas.

Dengan tambahan tiga angka ini, Persija sudah pasti bertahan di Liga 1. Tim ibu kota mengumpulkan 41 poin dari 32 kali bermain duduk di posisi ke-12, sudah tak bisa dikejar oleh Perseru Badak lampung FC di klasemen Liga 1.

Laskar Saburai membukukan 33 poin, Liga 1 tinggal menyisakan dua laga. Sementara itu, Madura United ada di posisi keenam dengan koleksi 47 poin,


Jalannya Pertandingan

Persija mendapatkan penalti pada menit ke-21. Pelanggaran Jaimerson kepada Simic, wasit Toriq Alkatiri menunjuk titik putih. Pemain Kroasia itu mengeksekusi sendiri tendangan 12 pas itu, Persija unggul 1-0.

Juara Liga 1 musim lalu mendapatkan peluang bersih pada menit ke-24. Umpan dari Riko Simanjutak gagal diselesaikan oleh Simic.

Persija menggandakan keunggulan pada menit ke-26. Umpan Riko diselesaikan dengan tendangan jarak jauh Ramdani Lestaluho.

Madura United dihukum penalti lagi pada menit ke-27. Pelanggaran Jaimerson pada Fitra Ridwan menjadi penyebabnya. Simic bisa menunaikan tugasnya dengan sempurna, Persija unggul 3-0.

Peluang Madura United pada menit ke-40 gagal. Umpan silang Rendika Rama disundul oleh Aleksandar Rakic, masih melambung jauh.

Persija mendapatkan penalti lagi di injury time babak pertama. Kali ini, pelanggaran Rendika saat mengadang Sandi Suthe menjadi penyebab penalti itu. Simic kembali menjadi penendangnya, dia membukukan hat-trick.



Setelah restart, Persija terus menekan. Tendangan efek Fitra Ridwan pada menit ke-50 bisa diantisipasi oleh Muhammad Ridho.

Riko melakukan aksi individu membahayakan pada menit ke-51. Dia melewati beberapa pemain belakang Madura United, upaya terakhirnya masih bisa diantisipasi, Ridho.

Tak banyak peluang di babak kedua. Rachmat Hidayat mendapatkan kans mencetak gol, tendangannya bisa diblok pemain belakang Madura United, cuma berbuah tendangan sudut di menit ke-84.
Di sisa pertandingan tak ada gol lagi, Persija menang 4-0.

Susunan Pemain

[Gambas:Opta]

Simak Video "Bermain Tanpa Penonton, Persija Vs Bhayangkara Imbang 2-2"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com