sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Des 2019 02:04 WIB

Bek Persib Bandung Fabiano Beltrame Resmi Jadi WNI

Putra Rusdi K - detikSport
Fabio Beltrama akhirnya menjadi Warga Negara Indonesia (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Proses naturalisasi Fabiano Beltrame akhirnya tuntas. Bek tengah, Persib Bandung, ini telah mengucap sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Fabiano menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur, Surabaya, Senin (16/12/2019). Prosesi ini dipimpin langsung oleh Kanwil Kemenkumham Jatim, Susy Susilawati.

Hal ini sekaligus mengakhiri penantian panjang pria asal Brasil ini untuk menjadi WNI. Proses naturalisasi Fabiano sendiri sempat berlarut-larut.



Fabiano awalnya diprediksi bakal menjadi WNI sebelum Liga 1 2019 dimulai. Namun akibat dokumen yang belum lengkap, ia tak kunjung disumpah.

Situasi ini jugalah yang membuatnya tak bermain satu laga pun untuk Persib di Liga 1 2019. Pasalnya Maung Bandung tidak mendaftarkan Fabiano sebagai pemain asing.

Usai resmi menjadi WNI, mantan pemain Persela Lamongan ini mengaku sangat bangga. Ia juga tampak berkaca-kaca.

"Ini hari yang luar biasa buat saya. Bisa menjadi WNI adalah kebanggaan buat saya," kata Fabiano usai dilantik menjadi WNI.

"Saya suka sekali di sini, orang-orangnya ramah sekali dan dari awal saya datang sampai sekarang, saya diterima dengan baik sekali," jelasnya menambahkan.

Fabio tercatat sudah 15 tahun bermain untuk tim-tim di Indonesia. Ia tiba pertama kali tiba ke tanah air pada 2005 untuk membela Persela.

Setelah itu, ia menjelajah ke beberapa klub. Persmin Minahasa, Persija Jakarta, dan Madura United sempat menggunakan jasa pria 37 tahun ini.

Bek Persib Bandung Fabiano Beltrame Resmi Jadi WNI




Simak Video "Hadapi Persib Bandung, PSM Makassar Bawa 23 Pasukan"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com