sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Des 2019 20:40 WIB

Persija Vs Persebaya: Laga Perpisahan Bepe, Macan Kemayoran Kalah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Persija Jakarta kalah 1-2 dari Persebaya Surabaya (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Persija Jakarta gagal memberikan hadiah untuk laga perpisahan kandang Bambang Pamungkas. Macan Kemayoran takluk 1-2 dari Persebaya Surabaya.

Pada pertandingan Liga 1 2019 yang dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (17/12/2019) malam WIB, Persebaya mengambil inisiatif serangan. Hal itu pun disambut oleh Persija yang berupaya mencari gol secepat-cepatnya.

Tapi, gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhyasa malah bobol duluan di menit kedelapan. David Da Silva menusuk dari sisi kanan dan menaklukkan penjagaan Xandao sebelum mengirim umpan tarik, yang disambut sontekan Osvaldo di mulut gawang.

Persija yang tersentak gol tersebut langsung menekan lagi pertahanan Persebaya. Satu peluang nyaris didapat Marko Simic saat hendak menyambut umpan silang Ismed Sofyan, tapi bola dengan cepat ditangkap Miswar Saputra.



Persija Vs Persebaya: Laga Perpisahan Bepe, Macan Kemayoran KalahFoto: Rifkianto Nugroho/detikSport



Persebaya lantas mengejutkan tuan rumah ketika mampu menggandakan keunggulan di menit ke-23. Dari serangan balik di sisi kanan, bola diarahkan ke kotak penalti dan ada Osvaldo di sana.

Dia tak menembak dan memilih mengoper pendek kepada Diogo Campos untuk disepak ke gawang Andritany. Unggul 2-0, Persebaya makin nyaman menguasai pertandingan.

Persija mendapat asa ketika mereka dihadiahi penalti pada menit ke-30 menyusul handball Otavio Dutra. Marko Simic sebagai eksekutor gagal menaklukkan Miswar, tapi bola tepisan dengan cepat dicocornya ke gawang dan mengubah skor jadi 1-2.


Dua menit kemudian Persebaya nyaris bikin gol andaikan Andritany tak menepis bola sepakan Diogo Campos dari jarak dekat. Persija seperti menemui jalan buntu untuk menyerang pertahanan Persebaya.

Hingga turun minum skor tersebut bertahan. Masuk di babak kedua, Persija menggebrak lewat akselerasi Riko Simanjuntak dan Simic, tapi beberapa kali upaya yang diciptakan selalu bisa digagalkan barisan belakang tim tamu serta Miswar.

Riko sempat mendapat dua peluang beruntun tapi gagal berbuah gol. Irfan Jaya sempat punya peluang bikin gol tapi bola tendangannya bisa ditepis Irfan Jaya. Pada menit ke-75, Bambang Pamungkas dimainkan oleh Persija dan mendapat tepuk tangan meriah dari Jakmania.

Ini jadi laga kandang terakhir Bambang bersama Persija karena setelah ini dia memutuskan pensiun. Bepe langsung mendapat ban kapten dari Andritany, tapi di sisa laga kehadiran Bambang gagal memberikan dampak.

Persija tetap kalah 1-2 di akhir laga. Setelah laga ini, pesta perpisahan untuk Bambang diadakan yang turut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies sempat berbincang dan memeluk Bambang.

Kekalahan ini membuat Persija turun ke posisi ke-13 dengan 41 poin dari 33 pertandingan. Sementara itu, Persebaya memanaskan persaingan menuju posisi runner-up, duduk di posisi ketiga dengan 51 poin.




Susunan pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Fachruddin Wahyu, Xandao, Tony Sucipto, Sandi Sute, Rohit Chand, Fitra Ridwan, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak, Marko Simic

Persebaya: Miswar Saputra, Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Rachmat Irianto, M. Hidayat, Aryn Williams, Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Diogo Campos, David Da Silva


[Gambas:Opta]

Simak Video "Bermain Tanpa Penonton, Persija Vs Bhayangkara Imbang 2-2"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com