sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Des 2019 21:04 WIB

Bambang Sudah Jalani Laga Pamungkas

Randy Prasatya - detikSport
Bambang Pamungkas sudah menjalani pertandingan terakhir. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - Bambang Pamungkas sudah resmi gantung sepatu. Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya menjadi laga pamungkas pemain 39 tahun itu.

Indikasi Bepe akan pensiun saat Persija vs Persebaya pada 15 Desember. Lewat akun Instagram @bepe20, dia mengungkapkan rencananya untuk pensiun.

Di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (17/12/2019), Persija menjalani laga kandang terakhir di Liga 1 2019 dengan kekalahan. Bajul Ijo yang menaklukkan Macan Kemayoran dengan skor akhir 2-1. Gol dari Osvaldo Haay dan Diogo Campos cuma bisa dibalas sekali oleh Marko Simic lewat titik putih.

Pelatih Persija, Oscar Araujo Tavares, memasukkan Bepe pada menit ke-76. Dia menggantikan Riko Simanjutak.

Selepas laga, tribute untuk Bepe pun dilakukan. Hadir di GBK Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk mengucap salam perpisahan.

"20 tahun Bambang Pamungkas menjadi legenda di lapangan hijau. Dia memberi inspirasi untuk anak-anak kita. Dia menunjukkan sportivitas. Dia bukan milik Jakarta, dia milik Indonesia," kata Anies dalam sambutannya.


"The Jak...The Jak...Orang bijak berkata, laki-laki sejati tidak menangis," kata Bepe.

"Tapi, hatinya berdarah. Malam ini izinkan saya menjadi laki-laki sejati dengan tidak banyak berbicara, cukup hati saya yang berdarah."

"Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk seluruh anggota tim Persija Jakarta tanpa terkecuali. Untuk perjuangan yang luar biasa, menguras emosi, tenaga, dan juga kesabaran musim ini."

"Terima kasih untuk direksi Persija Jakarta atas kerja sama yang luar biasa selama saya berada di sini," kata Bepe lagi.

Bepe menjalani karier sebagai pesepakbola selama 20 tahun. Ada empat klub yang pernah diperkuat jebolan diklat Salatiga itu. Ada 450 laga yang dijalani dan 227 gol yang dicetak di level klub.

Bepe masih menjadi pemain dengan catatan caps terbanyak di Timnas Indonesia dengan catatan 86 laga dan sumbangan 38 gol.






Simak Video "Persija ke Bepe: Kemesraan Ini Janganlah Cepat Berlalu"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com