sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 29 Des 2019 11:11 WIB

Tae Yong dan Demam Pelatih Asia Timur di Negara Asia Tenggara

Putra Rusdi K - detikSport
Shin Tae-Yong dan demam pelatih Asia Timur di Negara Asia Tenggara (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Shin Tae-Yong baru ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Hal ini semakin menegaskan bahwa negara Asia Tenggara kini tengah demam pelatih dari Asia Timur.

Tae Yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019), di Stadion Pakansari, Cibinong. Pria asal Korea Selatan ini diikat kontrak selama empat tahun oleh PSSI untuk menangani tim Garuda.

Kehadiran Tae Yong sebagai juru taktik tim Merah Putih menambah daftar pelatih asal Asia Timur yang kini menangani timnas negara anggota Federasi Sepak bola ASEAN (AFF). Enam negara Asia Tenggara kini tercatat diasuh oleh pelatih dari Asia Timur.



Dua pelatih berasal dari Korea Selatan. Sementara empat sisanya berpaspor Jepang.

Selain Indonesia negara ASEAN lain yang dilatih sosok asal Korea Selatan adalah Vietnam. The Golden Dragons lebih dulu memiliki Park Hang Seo.

Empat nama lain yang berasal dari Jepang adalah Tatsuma Yoshida yang membesut Singapura, Akhira Nishino yang kini melatih Thailand, Norio Tsukitate yang berkarier bersama Timor Leste dan Keisuke Honda yang melatih Kamboja bersama Felix Dalmas.

Park Hang-Seo Awali Demam Pelatih Asia Timur di Asia Tenggara.

Keberhasilan Hang Seo bersama Vietnam menjadi awal dari pelatih Asia Timur laris manis di negara Asia Tenggara. Pria 60 tahun ini direkrut oleh Vietnam pada 2017 lalu.

Sempat diragukan karena tak punya pengalaman melatih timnas, Hang Seo secara luar biasa mampu membawa Rong Vang berprestasi di segala tingkatan umur. Awalnya ia mengantarkan Vietnam U-23 melaju ke final Piala AFC dan Semifinal Asian Games di tahun 2018.

Tangan dinginnya menular ke timnas senior saat menghadirkan trofi Piala AFF 2018. Terakhir, medali emas SEA Games 2019 berhasil disabetnya bersama Vietnam.

Dikutip dari Transfermarkt, Hang Seo telah menjalani 22 laga bersama timnas senior Vietnam. Ia mampu mengantarkan anak asuhannya menang 12 kali menang, enam imbang dan hanya empat kalah. Torehannya ini membawa Vietnam kini menempati peringkat ke-94 di ranking FIFA.

Tae Yong dan Demam Pelatih Asia Timur di Negara Asia Tenggara

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com