sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 08 Jan 2020 19:24 WIB

Timnas Indonesia: Babak Belur Dihajar Lawan, Habis-habisan Didenda FIFA

Femi Diah - detikSport
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Timnas Indonesia betul-betul sedang babak belur. Sama sekali belum meraih poin dari Kualifikasi Piala Dunia 2022, kini mereka didenda miliaran rupiah oleh FIFA.

FIFA mengumumkan sanksi dengan nominal sangat besar kepada Timnas Indonesia. Yakni, berupa denda sebesar 200 ribu franc Swiss (setara dengan Rp 2,85 miliar) dan larangan penonton saat menjamu Uni Emirat Arab pada 31 Maret pada 19 Desember 2019.

Itu bukan hanya akibat ulah suporter, namun juga tindakan Timnas saat Indonesia bertandang ke Malaysia pada 19 November 2019 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dalam laga di Stadion Bukit Jalil, Indonesia kalah 0-2 dari Harimau Malaya.

Suporter Timnas dinilai melakukan pelanggaran setelah menyalakan kembang api, melempar benda berbahaya, dan melakukan perusakan, membuahkan sanksi tegas. Itu ditambah pemain dan ofisial Timnas mengulur-ulur waktu kickoff.

Denda tersebut menambah uang yang harus dibayarkan oleh PSSI setelah pelanggaran di dua laga sebelumnya, saat Indonesia menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 5 September tahun lalu. Indonesia didenda 45 ribu franc Swiss atau senilai Rp 643 juta. Saat menjamu Thailand, hukuman juga didapat, yaitu berupa peringatan.


Larangan tanding dengan penonton dan denda yang hampir Rp 3,5 miliar itu menambah derita Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda belum sekalipun memetik poin dari lima laga yang dijalani sehingga menjadi penghuni dasar klasemen.

Akibat lima kali kalah itu, Indonesia dicap sebagai tim Asia Tenggara terburuk dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Timnas bahkan sudah defisit 13 gol, cuma bikin tiga gol dan sudah kebobolan 16 gol.

Laju-laju kurang sip Timnas itu berimbas kepada dicopotnya pelatih Simon McMenemy. Bahkan, Simon tak lagi mendampingi Timnas di laga terakhir, menghadapi Malaysia, dan tugasnya diserahkan kepada Yeyen Tumena.

Padahal, tiga dari empat lawan yang harus dihadapi Indonesia merupakan tim-tim Asia Tenggara. Setelah menghabiskan lima pertandingan, Indonesia tinggal memiliki tiga laga lagi untuk mendapatkan poin, yakni bertandang ke markas timnas Thailand pada 26 Maret, menjamu Uni Emirat Arab pada 31 Maret, dan menghadapi Vietnam di laga tandang pada 4 Juni.

Besar kemungkinan Timnas akan dipoles oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Mampukah Indonesia setidaknya mendapatkan poin?


Hasil-hasil pertandingan Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 2022:

Indonesia vs Malaysia 2-3
Indonesia vs Thailand 0-3
UEA vs Indonesia 0-5
Indonesia vs Vietnam 1-3
Malaysia vs Indonesia 2-0

Timnas Indonesia: Babak Belur Dihajar Lawan, Habis-habisan Didenda FIFA




Simak Video "PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com