sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Jan 2020 16:45 WIB

Disinggung Riedl Sampai Tae-Yong, Ketahanan Fisik Penyakit Kronis Pemain Indonesia

Adhi Prasetya - detikSport
Kondisi fisik pemain Timnas Indonesia selalu dikeluhkan para pelatih. Foto: Antara Foto/Sigid Kurniawan
Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengeluhkan ketahanan fisik para pemain Indonesia. Keluhan serupa nyatanya juga pernah diungkapkan oleh para pelatih di era sebelumnya.

Dalam wawancara eksklusifnya bersama PSSI, Shin menjelaskan sejumlah kekurangan yang ia soroti dari pemain timnas, salah satunya penurunan stamina di menit-menit akhir pertandingan.

"Masalah yang saya lihat dari permainan timnas adalah ketahanan. Saat di babak pertama, mereka bermain bagus. Namun di babak kedua, tim tidak bisa mempertahankan permainan bagus yang diperagakan pada babak pertama. Jadi kondisi ini menjadi perhatian kami dan menjadi fokus yang akan kami tingkatkan," kata Shin.

Ucapan Shin seperti mengulang lagu lama yang pernah dilantunkan para pelatih sebelum Shin. Mulai dari Alfred Riedl, Luis Milla, hingga Simon McMenemy, semua pernah mengeluhkan kondisi fisik pemain Indonesia, khususnya di timnas.



Dimulai dari Riedl. Pelatih asal Austria itu menangani tim Garuda pada 2010-11, 2013-14, dan 2016. Di tiga periode tersebut, Riedl selalu mengeluh tentang ketahanan fisik pemain lokal, seolah tak ada perbaikan.

"Pertandingan internasional berada di tempo yang lebih cepat dari pertandingan klub. Para pemain mengalami kesulitan dalam hal fisik," katanya jelang Piala AFF 2016.

Usai Riedl tak diperpanjang kontraknya, datanglah Milla pada awal 2017. Di tangan pelatih yang pernah mengangkat nama-nama seperti David de Gea, hingga Juan Mata itu, timnas disebut mengalami peningkatan secara kualitas taktik dan gaya bermain.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com