sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 16:29 WIB

4 Pesan Presiden Jokowi untuk Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021

Marlinda - detikSport
Presiden RI Joko Widodo menitip empat pesan untuk Piala Dunia U-20 2021. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden RI, Joko Widodo, menggelar rapat terbatas terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Dia menitipkan empat pesan untuk ajang itu.

Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021. Ajang itu berlangsung pada Mei sampai Juni tahun depan.

Persiapan untuk venue-venue yang diajukan menggelar pertandingan sedang digarap. Usai rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/1/2020), Jokowi menekankan pentingnya infrastruktur.

"Pada siang hari ini kami akan siapkan, kami bahas bersama. Yang pertama yang berkaitan dengan tempat stadion yang akan digunakan untuk bertanding," kata Jokowi kepada pewarta.

"Saya menerima laporan bahwa ada 10 stadion yang disiapkan, 6 stadion utama dan 4 stadion cadangan. saya minta betul-betul ini dicek ke lapangan harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia dimulai dari lingkungan, lapangannya, tempat duduknya, ruang gantinya, toiletnya sampai ruang media persnya yang betul-betul representatif dan kalau ada memang kekurangan dan perlu di renovasi, perlu disempurnakan agar segera betul2 disiapkan agar siap digunakan di tahun 2021."


"Yang kedua saya juga minta dilihat secara detil ketersambungan antara Stadion dengan sarana transportasi. akomodasi peserta kompetisi Piala Dunia Fifa U-20. jangan sampai misalnya pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektivitas. Oleh sebab itu sarana dan prasarana akomodasi juga harus memiliki pelayanan yang kelas dunia," dia menambahkan.

Indonesia jelas akan menjadi sorotan dengan menggelar Piala Dunia U-20. Oleh karena itu, Jokowi minta momen itu bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk promosi.

Kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games dan Asian Para Games 2018 juga disebut Jokowi menjadi referensi untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

"Yang ketiga manfaatkan event ini untuk promosi Indonesia kepada dunia. Ingat bahwa Piala Dunia FIFA U-20 akan menjadi pusat perhatian, spotlight dunia karena event ini akan diikuti oleh 24 negara dari 5 benua. Ini momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara maju, bangsa besar dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik," kata Jokowi.

"Dan terakhir saya minta pengalaman dan kesuksesan kita dalam penyelenggaraan Asian Games-Asian para Games 2018 dapat dijadikan acuan, dijadikan standar dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 demikian sebagai pengantar," Jokowi menambahkan.



Simak Video "Menpora: FIFA Pilih Stadion Piala Dunia U-20 pada 25 Januari"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com