sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 21 Jan 2020 22:01 WIB

Budiman Dalimunthe Eks Orang Dalam Persija, Kini Calon Pembina Suporter PSSI

Randy Prasatya - detikSport
Ketum PSSI, Iwan Bule (Syahdan Alamsyah/detikSport)
Jakarta - PSSI merencanakan membentuk Divisi Pembinaan Suporter dan Fans Klub di struktur kabinet periode 2019-2023. Budiman Dalimunthe menjadi calon untuk mengisi pos tersebut.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memiliki PR untuk mengurangi masalah suporter sepakbola di Indonesia. Caranya, PSSI membentuk divisi anyar, yakni Divisi Pembinaan Suporter dan Fans Klub.

Salah satu nama yang mengemuka untuk mengisi posisi itu adalah Budiman. Dia sosok yang dekat dengan Persija Jakarta.

Dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Persija di era Ferry Paulus sebelum era Gede Widiade, Direktur Bisnis, Marketing Komunikasi PT Persija Jaya Jakarta, dan kini dia menjabat sebagai Ketua Persija Foundation.


Divisi tersebut akan segera disahkan oleh PSSI. Rencananya, Pengesahan dilakukan pada Kongres PSSI pada 25 Januari 2020 di Bali.

"Itu langsung di bawah saya. Calonnya Budiman Dalimunthe, konsen di situ ada polisinya juga. Kita harus jelaskan kepada suporter apa yang mereka jadikan euforia belum tentu baik untuk kita," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Budiman juga bakal dibantu beberapa pentolan kelompok suporter. Dengan adanya divisi itu, Iriawan berharap bentrokan suporter hingga mengakibatkan sanksi, korban luka, dan korban jiwa di klub dan Timnas Indonesia tak terulang.

"Seperti kejadian waktu Timnas senior, Indonesia vs Malaysia di GBK. Itu hampir ribut, itu dendanya besar buat kita, suporter tidak ngerti, akhirnya PSSI yang menanggung, kemarin FIFA juga menghukum kita tidak boleh ada penonton melawan UEA kan rugi," Iriawan menegaskan.

detikSport sudah berulang kali menghubungi Budiman untuk dimintai konfirmasi terkait dijadikan calon pembina suporter oleh PSSI. Tapi, sampai saat ini belum ada respons dari yang bersangkutan.



Simak Video "Melongok Calon Lokasi Soccer Camp PSSI yang Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com