sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 23 Jan 2020 17:28 WIB

FIFA: Tiap Laga Piala Dunia U-20 2021 Harus Ditonton Minimal 10 Ribu Penonton

Mercy Raya - detikSport
Foto: Adam Nurkiewicz/Getty Images
Jakarta -

FIFA mengajukan syarat jumlah minimal penonton Piala Dunia U-20 2021 kepada Indonesia. Yakni, harus tembus 10 ribu penonton di tiap laga.

Piala Dunia u-20 2021 dilangsungkan mulai 24 Mei hingga 12 Juni 2021. Ajang itu dilaksanakan di enam stadion di kota-kota berbeda, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Stadion Pakansari di Cibinong, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Selain mengumumkan Hal itu tertuang dalam rapat koordinasi antara PSSI dengan Kemenpora serta pihak terkait pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut pada Rabu (22/1) kemarin.


Dalam pertemuan itu dituliskan bahwa FIFA meminta agar setiap pertandingan yang digulirkan meski sejak babak penyisihan minimal kehadiran penontonnya menembus 10 ribu sampai 20 ribu orang.

"Penonton tak boleh kurang dari 10 ribu orang dan ini menjadi kewajiban buat pemerintah untuk mendorong itu," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, di Kantor Kemenpora, Senayan, Kamis (23/1/2020).

Gatot batas minimal penonton itu menjadi syarat wajib karena FIFA tak ingin pertandingan sepi penonton. FIFA merujuk dari Piala Dunia Kolombia sembilan tahun lalu. Saat itu, stadion di Kolombia selalu penuh sehingga secara visual pun menarik. Sebaliknya, Piala Dunia U-20 2019 di Polandia mencatatkan jumlah penonton terendah.

"Makanya belajar dari itu FIFA minta agar nanti setiap laga minimal 10 ribu, tapi itu sifatnya imbauan, wajarlah," ujar dia.

Nah, cara Kemenpora untuk menggaet penonton yang banyak, Gatot mengatakan, akan melakukan promosi dengan PSSI melalui event-event nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, pada 20 Oktober sampai 2 November 2020. Tapi, langkah itu bisa jadi terbentur adimistrasi Piala Dunia U-20.

"Hanya saja kami belum dapat logo resminya. Logo kemarin kan baru saat bidding, makanya saya minta apakah logo mau disayembarakan seperti Asian Games 2018," tuturnya.

"Secara internal kami juga akan memberikan surat edaran dari menteri ke daerah-daerah seperti saat sosialisasi Asian Games waktu lalu," dia menambahkan.


FIFA: Tiap Laga Piala Dunia U-20 2021 Harus Ditonton Minimal 10 Ribu Penonton



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com