sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 29 Jan 2020 17:31 WIB

9 Pemain PSM Makassar Hajar Lalenok United

Randy Prasatya - detikSport
PSM Makassar PSM Makassar menang 3-1 atas Lalenok United di leg II playoff AFC Cup. (Foto: Rifkianto Nugroho/Detikcom)
Cibinong -

PSM Makassar menang lagi atas Lalenok United di playoff AFC Cup 2020. Bermain 9 orang, Juku Eja memetik kemenangan dengan skor akhir 3-1.

Bertanding di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (19/1/2020) sore WIB, Lalenok tampil agresif di awal-awal laga. Sebuah tembakan dilepaskan dari sisi kanan depan kotak penalti PSM, namun bola tembakan pemain Lalenok masih diblok.

PSM mampu memanfaatkan lengahnya barisan pertahanan Lalenok. Willem Jan Pluim melepaskan umpan panjang ke pertahanan Lalenok, yang berhasil disambut Giancarlo Lopes.

Lopes mampu lolos dari adangan dua pemain belakang Lalenok dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Lopes tanpa kesulitan melesakkan bola ke gawang lawan. 1-0 PSM memimpin.

Lalenok kembali menekan. Pertahanan PSM masih solid dalam mengadang gempuran dari klub asal Timor Leste itu.

PSM dapat peluang emas di menit ke -16. Pluim dari jarak dekat melepaskan tembakan, namun bola membentur mistar gawang Lalenok.

Dua menit berselang, Juku Eja kembali dapat peluang emas. Bola umpan silang Zulkifli Syukur disambar dengan sundulan Ferdinand Sinaga, namun bola masih bisa ditangkap Celestino Xavier Da Costa.

Lalenok yang terus bermain menekan harus kembali kebobolan di menit ke-29. Bola umpan silang Pluim dari sisi kanan berhasil dituntaskan menjadi gol oleh Ferdinand lewat sundulannya yang beraksi sambil menjatuhkan badan. 2-0 PSM memimpin.

PSM harus bermain dengan 10 orang di menit ke-32. Pluim, yang dilanggar oleh Armindo De Almeida, melakukan protes keras ke wasit. Gelandang PSM itu pun langsung diberikan kartu kuning.

Pluim merespons kartu tersebut dengan tepuk tangan dan berteriak 'good job'. Wasit Hasan Akrami membalas dengan memberikan kartu kuning kedua.

Pemain PSM kembali diganjar kartu merah pada menit ke-58. M. Arfan keluar dari pertandingan setelah melanggar pemain Lalenok dengan keras.

Lalenok berhasil memanfaatkan tendangan bebas dengan baik. Kemelut yang hadir dari tendangan bebas dituntaskan oleh Paulo Domingos Freitas di menit ke-60. Lalenok kini tertinggal 1-2.

PSM berhasil mengubah skor menjadi 3-1 di menit ke-84. Umpan Zulkifli Syukur dituntaskan lewat sundulan Irsyad Maulana.

Mantan pemain Semen Padang itu langsung tersungkur usai duel udara dengan pemain lawan. Irsyad pun tak bisa melanjutkan pertandingan dan langsung dibawa ambulans. Rasyid Bakri masuk menggantikan.

Di sisa pertandingan tak ada gol lagi yang tercipta, PSM menang dengan skor akhir 3-1. PSM lolos ke fase grup AFC Cup dengan agregrat 7-2. PSM masuk ke Grup H bertemu Shan United, Tampines Rovers, dan Kaya-Iloilo.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Miswar Saputra; Zulkifli Syukur, Leo Guntara (Asnawi 46'), Ahmad Agung; Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Irsyad Maulana (Rasyid Bakri 85'); Ferdinand Sinaga (Osas 59') Giancarlo Rodrigues, Hussein El Dor.

Lalenok United: Celestino Xavier; Yohanes Kapitan, Gaspar da Silva, Francisco Savio; Francisco da Costa, Elias Joao (Santiago 54'), Armindo de Almeida, Paulo Gali Freitas, Fabio Pereira; Daniel Adade, Rufino Gama.



Simak Video "PSM Makassar Kenalkan Tiga Penggawa Anyar"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com