sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 29 Jan 2020 23:21 WIB

PSM Sudah Tanya ke PSSI Soal Ezra, Hasilnya Nihil

Randy Prasatya - detikSport
Pemain PSM Makassar Ezra Walian Ezra Walian duduk di bangku penonton saat PSM menjamu Lalenok di Bogor (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Cibinong -

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, sudah bicara dengan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, terkait status Ezra Walian di Piala AFC 2020. Apa hasilnya?

PSM gagal mendaftarkan Ezra untuk tampil di Piala AFC. Sistem di AFC saat registrasi menolak pemain naturalisasi asal Belanda itu.

Belum diketahui secara jelas apa yang membuat Ezra tak bisa main di kompetisi antarklub level Asia. Tapi, situasi ini juga pernah menimpa Ezra namanya tak bisa masuk dalam skuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 pada Maret 2018.

Munafri telah bertanya langsung ke Tisha tapi tak mendapat hasil yang diinginkan. Sampai saat ini, Munafri masih belum mengerti apa penyebab Ezra tak bisa bermain.


"Saya waktu di kongres bertemu sekjen. Saya tanya kenapa ini berlarut-larut dari tahun 2017," kata Munafri di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (29/1/2020).

"Dia bilang ada proses yang terjadi di federasi Belanda (KNVB), terus ada proses perpindahan yang belum selesai. Nah, ini yang menghambat. Jadi, kami bakal coba bicara langsung ke FIFA seperti apa alurnya. Kalaupun ada hal-hal yang harus kami runut dari awal, ya kami bakal lakukan itu," sambungnya.

Saat ditanya berkas apa saja yang belum selesai, Munafri mengaku tidak tahu. Dia berharap masalah Ezra tak berlangsung seumur hidup.

"Saya tidak tahu, saya sudah tanya ke sekjen. Ini mungkin nantinya saya akan menghadap khusus lagi untuk bicara, supaya kami tahu apa yang terjadi, meminta PSSI untuk bersurat langsung ke FIFA. Apakah bakal seperti ini seumur hidup atau masih ada jalan," ungkap Munafri.


Munafri juga menyebut Ezra sudah terdaftar di PSSI sebagai pemain Indonesia. Saat didaftarkan ke AFC Cup juga sebagai pemain Indonesia.

"Kami baru mendapatkan yang seperti ini. Tadinya saya pikir itu cuma di tim nasional saja ternyata sampai di antarklub juga seperti itu," ujar Munafri.

"Ezra pemain lokal (status ketika didaftarkan PSM). Sehingga saat ini Ezra cuma bisa main di liga domestik," tegasnya.

Meski tak bisa membela PSM, Ezra tetap dibawa ke Bogor saat meladeni Lalenok United di playoff leg kedua Piala AFC 2020. Striker 22 tahun itu menolak untuk diwawancara saat melintas di area stadion.

"Maaf, saya tidak bisa komentar apapun. Ada bos saya," kata Ezra kepada detikSport.



Simak Video "PSM Makassar Kenalkan Tiga Penggawa Anyar"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com