sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 31 Jan 2020 17:01 WIB

Apa Kabarnya Naturalisasi Marc Klok?

Randy Prasatya - detikSport
Pesepak bola PSM Makassar Marc Anthony Klok (tengah) bersama rekannya Aaron Michael Evans (kiri) dan M Rahmat (kanan) merayakan gol pada laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/7/2019). PSM Makassar menang atas Bhayangkara FC dengan skor 2-1. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/foc. Sejauh apa proses nnaturalisasi Marc Klok? (Foto: ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)
Jakarta -

Marc Klok sudah mengajukan diri untuk menjadi warga negara Indonesia. Sejauh mana proses naturalisasi pemain asal Belanda itu?

Klok baru saja resmi meninggalkan PSM Makassar. Pemain kelahiran Belanda itu sudah sangat dekat untuk berkostum Persija Jakarta.

Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus, dalam sebuah video bersama Rendra Soedjono baru-baru ini berkata "Hati-hati kalau Klok sudah naturalisasi."

Proses naturalisasi Klok ternyata sudah masuk di pembahasan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia). Hal itu disampaikan oleh Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

"Sudah cukup lama kami kirimkan ke Kemenkumham, dua bulan yang lalu. Kalau tidak salah hari ini, pagi tadi, ada pembahasan di Kemenkumham. Saya belum dapat update lebih lanjut," kata Gatot dalam sambungan telepon dengan detikSport.

Proses naturalisasi gelandang 26 tahun itu diketahui bukan bagian dari rekomendasi PSSI. Federasi sepakbola Indonesia itu ada di posisi sebagai penghubung.

Ezra Walian dan Ilija Spasojevic adalah nama terakhir yang direkomendasikan PSSI untuk dinaturalisasi. Proses naturalisasi Klok justru atas keinginan PSM.

"Dari situ (Kemenkumham) nanti dikirim ke Presiden, lalu ke DPR ada Raker, kemudian kembali lagi ke Presiden, lalu diterbitkan kepres," Gatot menambahkan.



Simak Video "Marc Klok Resmi Berseragam Persija Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com