sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 05 Feb 2020 15:20 WIB

PT LIB Rugi Rp 30 M, Subsidi Rp 15 M Sulit Terpenuhi

Randy Prasatya - detikSport
Logo Liga 1 2019 PT Liga Indonesia Baru susah memenuhi subsidi Rp 15 miliar untuk klub Liga 1. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Sebelum terpilih menjadi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sempat berjanji bakal beri subsidi Rp 15 miliar ke klub Liga 1. PT Liga Indonesia Baru tak menyanggupi.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pada akhrinya terpilih sebagai Ketua Umum PSS. Namun, janji subsidi Rp 15 miliar diyakini sulit untuk terpenuhi.

PT. Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1, merugi Rp 30 miliar dari perhelatan musim lalu. Hal tersebut diucapkan langsung oleh Direktur Utama Cucu Somantri, yang sekaligus menjadi wakil Iwan Bule di PSSI.

"Yang jelas, evaluasi tahun lalu kami minus. Jadi, apa yang kami dapatkan dengan kebutuhan operasional kami minus Rp 30 miliar," kata Cucu Somantri di kantor LIB, Senin (4/2/2020) malam WIB.

"Jadi, bagaimana meningkatkan subsidi kalau minus? Jangan sampai ada kekurangan lagi, minimal mencukupi tapi kami hitung bisa meningkat dan tidak akan turun," sambungnya.

Komisaris PT LIB, Hasani Abdulgani, masih mau berusaha mengupayakan subsidi yang tepat untuk klub. Jika sponsor banyak yang masuk, subsidi Rp 15 miliar mungkin saja bisa terwujud.

"Ini tantangan kami sebagai pengurus. Kami janji di masa Pak Iwan Bule (kepengurusan PSSI) janji Rp15 miliar akan kami usahakan," ucap Hasani.

"Tapi tidak mungkin sekarang, karena durasi kami pendek. Kami bangga dari Dirut ada kepolisian nanti kami kerja sama menjamin jadwal kompetisi," katanya.

"Kalau (musim) ini jalan baik, maka nilai liga naik (musim berikutnya). Setelah naik kami janji pak Iwan bisa kami laksanakan. Experience akan kami tingkatkan," Hasani menegaskan.



Simak Video "PSS Sleman Latihan di Jakarta Seraya Cari Suasana Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com