sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Feb 2020 13:01 WIB

Ada Hadiah untuk Informan Kecurangan pada Laga Sepakbola di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikSport
Satgas Antimafia Bola Satgas Antimafia Bola menawarkan hadiah untuk informan kecurangan di Liga Indonesia. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Ada iming-iming hadiah untuk informan kecurangan pertandingan sepakbola di wilayah Jawa Tengah. Satgas Antimafia Bola (AMB) Tahap III yang menawarkan itu.

Ketua Satgas AMB Jawa Tengah sekaligus Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng, Kombes Pol Budi Haryanto, mengatakan tim dibentuk karena di Jawa Tengah akan digelar pertandingan termasuk Liga 1.

"Nah, keberadaan Satgas Antimafia Bola ini kita harapkan bisa menghilangkan permainan-permainan yang tidak sehat, baik itu suap wasit-pemain maupun pelatih, ini yang kita harapkan," kata Budi di Mapolda Jateng, Semarang, Rabu (9/2/2020).

Satgas AMB akan memantau sebelum pertandingan dan sesudah pertandingan. Jika indikasi kecurangan ada maka tim akan langsung bertindak.

"Jadi monitor perkembangan pertandingan yang dilaksanakan, sehari dua hari sebelum pertandingan cari informasi ada indikasi tidak. Kalau ketahuannya selesai pertandingan ya kita dalami," tegas Budi.

Bagi masyarakat yang mendapat informasi adanya indikasi kecurangan dalam pertandingan, maka diharapkan bisa melapor. Budi menegaskan akan ada hadiah, namun ia belum menyebut rinci hadiah tersebut.

"Bagi yang bisa memberikan informasi tentang kecurangan yang nantinya akan dilakukan, ada hadiahnya. Hadiahnya ya bola, lho tapi bolanya ada isinya. Isinya yang belum tahu, nih," ujarnya.

Chaerul Anwar selaku Komisi Banding Asprov PSSI Jateng mengatakan praktek kecurangan diluar aturan main memang harus diberantas. Apalagi di Jateng akan digelar Liga 1, 2, dan3 serta Piala Soeratin.

"Dari kepolisian kami harapkan nanti, Liga 1, liga 2, Liga 3 dan Piala Soeratin, semua akan berjalan di bawah pantauan dari tim Satgas Antimafia Bola," kata Chaerul yang didampingi Sekretaris Asprov PSSI jateng, Purwodyastanto.

"Mudah-mudahan dengan dirilis hari ini akan tersiar ke publik, sepakbola sebagai tontonan kemudian menjadi tuntunan kemudian menjadi hiburan bagi masyarakat yang akhirnya semua bisa menikmati bahwa inilah olahraga terbaik di negeri ini," dia menambahkan.



Simak Video "Gibran-Teguh Siapkan Blusukan dan Konser Online"
[Gambas:Video 20detik]
(alg/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com