sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Feb 2020 21:30 WIB

PSSI Sebenarnya Berharap The Jak Bisa Datang ke Sidoarjo

Mercy Raya - detikSport
Persija Jakarta dan Persib Bandung bertanding di laga pekan kedelapan Liga 1 2019. Pertandingan yang dihelat di SUGBK itu dipadati The Jakmania. PSSI sebenarnya berharap The Jakmania bisa hadir di final Piala Gubernur Jatim (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

PSSI sebenarnya berharap Persija Jakarta didukung suporternya di final Piala Gubernur Jatim 2020. Namun, PSSI juga meminta Jakmania mematuhi perintah polisi.

Final turnamen pramusim Liga 1 2020 mempertemukan Persebaya Surabaya dan Persija. Bajul Ijo berhasil ke final setelah mengalahkan Arema FC 4-2 di Stadion Soepradi, Blitar, Selasa (18/2) sore WIB. Sementara Persija melaju ke partai puncak usai mengalahkan Madura United 2-1.

Namun, laga itu memungkinkan tanpa pendukung The Jakmania karena kerusuhan suporter di Blitar, Jatim, saat semifinal Persebaya dengan Arema FC. Polda Jatim tak ingin ambil risiko apalagi Persebaya dengan Persija punya sejarah buruk.

Merespons hal itu, Wakil Ketua PSSI Cucu Somantri berharap The Jakmania tetap bisa hadir demi membuktikan kalau kejadian kemarin hanyalah ulah orang tak bertanggung jawab.



"Saya harapkan demikian (The Jakmania datang ke Sidoarjo) tapi kami kembalikan kepada wilayah yang lebih tahu dan membaca situasi keamanan setempat," kata Cucu di Hotel Atlet Century, Senayan, Rabu (19/2/2020).

Bukan tanpa alasan Direktur Utama PT LIB itu mengatakan demikian, sebab pelaksanaan Piala Gubernur Jatim itu menjadi tanggung jawab panitia pelaksana setempat. Sementara itu, PSSI sebagai pendukung yang diperlukan dalam perangkat pertandingan.

"Tanggung jawab ada di panpel dan langsung masuk bagaimana dia untuk melaporkan ke aparat khususnya seperti Polda atau Polres setempat. Jadi itu kembali lagi dilihat dari penilaian situasi wilayah. Jadi kalau bisa di lanjutkan, ya dilanjutkan, dan kami harapkan tetap bisa berlanjut untuk membuktikan bahwa yang kemarin itu yang bikin kerusuhan itu hanya oknum-oknum yang menamakan suporter," sambungnya.

"Maka saya imbau kalau final besok di sana bisa berjalan dengan tertib dan aman lancar dan jadi tontonan yang berkualitas. Pada gilirannya itu akan menghilangkan stigma suporter, itu hanya oknum yang memakai nama suporter. Untuk membuktikan nama suporternya justru menurut saya besok itu momentum yang tepat."



Simak Video "Euforia Persebaya Kalahkan Persija, Jadi Juara Piala Gubernur Jatim"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com