sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 21 Feb 2020 15:41 WIB

Klub Nunggak Gaji, Subsidi Bakal Ditahan PT LIB

Mercy Raya - detikSport
logo liga 1 2019 shopee liga 1 2019 Liga 1 bakal tahan subsidi jika ada klub yang menunggak gaji pemain (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku prihatin karena masih mendengar masalah tunggakan gaji pemain. Subsidi akan ditahan jika kewajiban itu belum dipenuhi.

LIB telah menerima surat rekomendasi Liga 1 2020 dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) di Media Center Kemenpora, Senayan, pada Jumat (21/2/2020).

Dalam surat itu, LIB sempat diberi pesan oleh BOPI terkait beberapa hal. Selain masalah kerusuhan suporter, juga masalah tunggakan gaji pemain yang masih terus muncul setiap kompetisi bergulir.

Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri menyayangkan masih ada klub yang tak membayar hak pemain secara penuh. Padahal, adanya kompetisi ini tujuannya membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan secara bisnis menguntungkan.

PT LIB akan menahan uang subsidi klub jika terbukti dia menunggak gaji pemain barang satu rupiah pun.



"Saya sendiri sangat prihatin kalau masih mendengar misal ada tunggakan-tunggakan tidak bayar kepada pemain. Nah, itu yang akan kami kelola sehingga kewajiban PT LIB saat ini, mungkin mekanismenya kami memberikan subsidi. Dengan syarat-syarat bagaimana bulan tersebut bahwa si klub sudah melakukan dulu kewajibannya," kata Cucu kepada pewarta.

"Jika belum kami yang bayarkan dari sini. Jadi itu salah satu koridor untuk mencegah jangan sampai ada tunggakan-tunggakan pemain dan Alhamdulillah 2019 saya lihat cukup lancar," sambungnya.

Musim ini, kenaikan subsidi PT LIB akan menaikkan subsidi kepada setiap tim menjadi Rp 5,2 miliar dari sebelumnya Rp 5 miliar. Sementara itu, khusus Persiraja Banda Aceh dan Persipura mendapat tambahan Rp 500 juta.

BOPI sendiri mencatat klub-klub di Liga 1 bebas tunggakan. Sedangkan Liga 2 masih ada salah duanya yaitu Kalteng Putra dan Sriwijaya FC.

"Insya Allah ke depan saya buka secara transparan dan akan diselesaikan secara bertahap. Mohon dukungan BOPI," tutupnya.



Simak Video "Menpora Masih Perjuangkan 10 Cabor PON yang Dicoret"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com